14/06/2024 6:14
EKONOMI & BISNIS

3 Hari Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pangan di Medan Stabil

Harga kebutuhan pangan di Medan stabil. Ist

Fokusmedan.com : Tiga hari jelang Ramadhan, harga sejumlah kebutuhan pangan di Medan dan sekitarnya secara keseluruhan masih terpantau stabil. Harga cabai merah di akhir pekan kemarin yang turun dikisaran Rp30 ribuan per Kg, di hari ini, Senin (20/3/2023) masih tidak jauh berbeda dari akhir pekan sebelumnya di kisaran harga Rp28 hingga Rp30 ribu per Kg.

Untuk harga cabai rawit di akhir pekan (Jumat) mengalami penurunan menjadi Rp27 ribuan per Kg. Bahkan di sejumlah daerah seperti di Langkat dan Deliserdang, harga cabai rawit dijual Ro15 ribu per Kg. Sementara untuk harga bawang merah stabil di angka Rp30 ribu per Kg, dan kenaikan harga bawang putih sudah terhenti di level Rp31 ribuan per Kg, cukup stabil dibandingkan akhir pekan sebelumnya.

Harga minyak goreng sejauh ini terpantau stabil di level Rp14 ribu per Kg, sementara gula pasir dan beras juga masih relatif tidak berubah dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Untuk gula pasir ada dikisaran Rp14 hingga Rp15 ribu per Kg, sementara harga beras berada dalam rentang Rp10.250 hingga Rp13.500 per Kg nya.

Pengamat ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, menjelang Ramadhan, biasanya terjadi peningkatan permintaan yang cukup besar untuk komoditas ayam, telur ayam dan daging sapi. Sejauh ini, harga ayam (khusus daging) dijual dalam rentang Rp28 hingga Rp30 ribu per Kg, atau sekitar Rp23 hingga Rp24 ribu untuk ayam utuh.

“Harga ayam bergerak cukup stabil dengan kecenderungan naik di Medan dan sekitarnya,” ujarnya.

Sementara untuk daging sapi, pada dasarnya juga masih sama dijual dikisaran Rp125 ribu hingga Rp135 ribu per Kg. Hanya saja harga daging sapi saat ini sudah berada di batas atas, dalam rentang Rp130 hingga Rp135 ribu per Kg. Dan untuk telur ayam, meskipun terpantau masih dikisaran Rp26 ribu per Kg, tetapi harga telur ayam eceran mulai merangkak naik dalam rentang Rp50 hingga Rp100 rupiah per butirnya.

“Sejauh ini harga sejumlah kebutuhan pangan pokok masyarakat terpantau stabil. Akan tetapi yang perlu dicermati adalah ada beberapa komoditas pangan yang kapasitas produksinya terbatas sehingga pasokannya tidak mampu mengimbangi lompatan kenaikan demand atau permintaan yang sifatnya sementara,” katanya.

Beberapa komoditas tersebut, lanjut dia, adalah telur ayam, cabai, dan bawang. Secara keseluruhan, sejumlah harga kebutuhan pangan pokok masyarakat sejauh ini terpantau stabil, dan tidak ditemukan adanya gejolak harga yang besar di Maret ini.

“Kabar ini bisa jadi kabar baik bagi pengendalian harga walaupun kita perlu mewaspadai potensi konsumsi masyarakat yang tergerus, akibat harga pangan yang pada dasarnya masih bertahan mahal,” pungkasnya. (ram)