22/05/2024 2:56
SUMUT

F1 Powerboat Sukses, Potensi Energi Baru Terbarukan Diminati Investor

PLN siap menyambut dan sukseskan kejuaraan jetsky internasional dan Pekan Olahraga Nasional 2024. Ist

Fokusmedan.com : PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Utara berhasil menyukseskan perhelatan kejuaraan dunia balap perahu supercepat F1 Powerboat (F1H2O) di Balige yang berlangsung pada 25–26 Februari 2023 yang lalu.

Agenda 5 tahunan pertama ini dilaksanakan di danau vulkanik terbesar di dunia menjadi race pembuka musim 2023. Ajang ini menghadirkan 20 pembalap dari 10 negara telah berlaga di danau toba.

Dalam mendukung kebutuhan kelistrikan dalam pergelaran tersebut, tidak terlepas dari peran Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH). Pembangkit ini mampu memenuhi kebutuhan tenaga listrik selama pelaksanaan kejuaraan dunia tersebut. Pembangkit tersebut adalah PLTMH Aek Silang dan PLTMH Hutaraja.

General Manager, Tonny Bellamy mengatakan Sumatera Utara memiliki banyak potensi energi ramah lingkungan, hal ini menjadi daya tarik bagi para investor untuk berinvestasi pembangkit listrik dengan bauran energi baru terbarukan.

PLTMH Aek Silang merupakan pembangkit listrik mini hidro yang terletak di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan dengan kapasitas 2×5 MW. Pembangkit ini masuk ke sistem kelistrikan Sumatera Utara sejak tanggal 7 Februari 2020. Dengan potensi produksi energi dalam setahun sebesar 59,95 GWh. Daya energi pembangkit listrik ini di evakuasi ke Gardu Induk yang ada di Siborong-borong.

Sedangkan PLTMH Hutaraja terletak di Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan dengan kapasitas 2×2,5 MW. Pembangkit listrik ini masuk ke system kelistrikan sejak tanggal 10 Mei 2022. Memiliki potensi produksi energi dalam setahun sebesar 29,78 GWh. Daya energy pembangkit listrik ini di evakuasi ke dua penyulang di antara nya penyulang 20 kV mensupply ke Dolok Sanggul dan ke Gardu Hubung Siborong – borong.

“Bauran EBT di Sumatera Utara saat ini mencapai 43,47 persen. Salah satu penyumbang energi ramah lingkungan adalah Kabupaten Toba. Kabupaten Toba memang terkenal dengan potensi EBT yang sangat banyak. Potensi mini hidro, membuat Kabupaten Toba banyak di minati para investor untuk membangun pembangkit mini hidro di Kawasan tersebut,” ungkap Tonny, Jumat (17/3/2023).

Sumatera Utara menjadi salah satu kota yang banyak diperbincangkan saat ini baik warga lokal namun hingga ke mancaranegara. Tidak hanya keindahan alamnya, kini Sumatera Utara menjadi tempat favorit untuk pergelaran olahraga baik tingkat nasional maupun internasional.

“Dengan suksesnya kejuaraan F1 Powerboat, PLN optimis dapat mensukseskan event apapun yang dilaksanakan di Sumatera Utara. Setelah kejuaraan F1 Powerboat, PLN akan bersiap diri untuk menyambut dan menyukseskan kejuaraan jetsky internasional dan Pekan Olahraga Nasional di tahun 2024,” tutup Tonny. (ng)