14/07/2024 7:50
NASIONAL

Sambut Ramadan, Bank Muamalat Perkuat Spiritualitas Karyawan

Seorang karyawan bertransaksi menggunakan QRIS Muamalat DIN disaksikan Direktur Bank Muamalat, Karno.

Fokusmedan.com : PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menyambut bulan suci Ramadan 1444 Hijriah dengan melaksanakan sejumlah kegiatan yang ditujukan untuk memperkuat spiritualitas karyawan.

Direktur Bank Muamalat Karno mengatakan, bulan Ramadan adalah momen yang sangat dinanti oleh karyawan. Oleh karena itu, Bank Muamalat sebagai pionir bank syariah di Tanah Air menyiapkan program dan fasilitas yang mendukung karyawan agar dapat fokus dalam beribadah tetapi tetap produktif dalam bekerja.

“Perusahaan memberikan perhatian ekstra dengan menyiapkan kegiatan dan kebijakan yang dapat mendukung aktivitas ibadah selama bulan suci ini. Hal ini karena perusahaan memandang karyawan sebagai aset penting. Dengan menjalankan aktivitas di bulan Ramadan secara fokus diharapkan dapat membuat tingkat spiritualitas karyawan lebih meningkat sekaligus dapat meminimalisir potensi kecurangan atau fraud,” ujarnya, Kamis (16/3/2023)

Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan oleh Bank Muamalat dalam menyambut dan selama bulan Ramadan antara lain kajian agama yang menghadirkan dai ternama, shalat malam (qiyamul lail) bersama, buka bersama sekaligus pemberian santunan anak yatim dhuafa, gerakan Bersih Masjid, serta safari Ramadan.

Khusus shalat malam bersama dan gerakan Bersih Masjid merupakan kegiatan unik dan rutin dilaksanakan setiap tahun. Shalat malam bersama dilakukan dimana manajemen dan karyawan menginap di kantor dan beribadah bersama hingga subuh.

Adapun gerakan Bersih Masjid adalah aksi sosial yang melibatkan manajemen dan karyawan bersama-sama membersihkan masjid di sekitar kantor agar nyaman digunakan dalam beribadah.

Pembayaran THR Lebih Awal
Selain aktivitas khusus selama Ramadan, Bank Muamalat juga melakukan kebijakan berupa pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) lebih awal. Karno menjelaskan bahwa THR karyawan dibayarkan oleh perusahaan sebelum bulan Ramadan yaitu pada 16 Maret 2023 atau satu pekan sebelum hari pertama puasa.

Tujuan THR diberikan lebih cepat adalah agar karyawan dapat lebih fokus dalam menjalankan ibadah dan pekerjaan serta tidak terbebani lagi oleh biaya-biaya yang biasanya lebih besar atau mahal dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Selain itu, karyawan dapat menyiapkan kebutuhan hari raya Idul Fitri lebih awal sebelum harga di pasaran melonjak. Untuk itu, Bank Muamalat memfasilitasi karyawan lewat kegiatan Bazar Ramadan yang dilaksanakan di kantor pusat Muamalat Tower dimana karyawan diberikan voucher belanja khusus selama periode bazar.

Pedagang yang berpartisipasi dalam bazar ini pun adalah alumni dan keluarga karyawan Bank Muamalat. Bazar ini juga turut didukung oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraft) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dari aspek filantropi, karyawan dapat menggunakan uang THR tersebut untuk beramal dan berbagi kepada orang yang lebih membutuhkan mengingat beramal dan berbagi di bulan Ramadan nilainya berlipat ganda.

“Kebijakan ini bukan baru pertama kali dilakukan, tetapi sudah sejak lama diterapkan dan respons dari karyawan sangat positif. Kami berharap melalui kebijakan ini karyawan dapat lebih fokus dalam beribadah dan bekerja sehingga produktifitas tetap terjaga dan bahkan meningkat,” pungkasnya. (ng)