20/06/2024 23:41
NASIONAL

Kerahkan Pasukan, Polri Bantu Korban Longsor Timbun Kampung di Natuna Kepri

Fokusmedan.com : Sebuah desa di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) tertimbun longsor. Polri pun akan mengerahkan pasukan untuk memberikan pertolongan atas bencana yang menimbulkan korban meninggal dunia itu.

“Besok (Selasa, 7 Maret 2023) seluruh pasukan dari Polda akan berangkat melalui jalur laut,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Senin (6/3).

Plh Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Surya Iswandar mengatakan, pihaknya akan mengirimkan Tim DVI Biddokkes Polda Kepri, Inafis Ditreskrimum Polda Kepri dan Tim SAR Sat Brimob Polda Kepri.

“Perkembangan lebih lanjut akan dikonfirmasi. Back up tim dari Polres Natuna, sedang disusun pembuatan Surat Perintahnya,” ujarnya.

Bencana tanah longsor terjadi di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Tercatat kurang lebih 10 orang dilaporkan meninggal dunia akibat peristiwa tersebut.

“Baru perkiraan. Kemungkinan data dapat berubah-ubah. Informasi terakhir tadi memang sudah ada kantong jenazah sebanyak 10 kantong yang sudah terisi,” tutur Kepala Bidang Kedaruratan, Pusdalops PB dan Logistik BPBD Provinsi Kepulauan Riau, Junainah dalam keterangannya, Senin (6/3).

Menurut Junainah, sejumlah faktor seperti kondisi cuaca, akses jalan, hingga jaringan telekomunikasi yang terputus menjadi penghambat proses pertolongan dan evakuasi dalam peristiwa itu.

“Sekarang masih evakuasi. Semua unsur mulai dari BPBD, Basarnas, TNI, Polri dan relawan masih proses evakuasi. Jaringan terputus sehingga laporan terbaru,” terangnya.

Berdasarkan informasi, peristiwa itu terjadi di Desa Pangkalan sekitar pukul 13.00 WIB. Diperkirakan korban mencapai 50 orang dengan status Dalam Pencarian (DP).(yaya)