Periksa USG Berbayar Sampah Daur Ulang

Fokusmedan.com : Pemeriksaan Ultrasonografi (USG) kini dapat dilakukan hanya dengan membawa sampah daur ulang seberat 1 Kilogram.

“Jadi, hanya dengan membawa sampah daur ulang seperti botol dan plastik, kaum ibu sudah bisa melakukan pemeriksaan USG,” sebut Founder Gerakan Awen, Alween Ong kepada wartawan, Minggu (5/3/2023).

Ia menjelaskan, sebanyak 30 peserta USG yang hadir merupakan warga Desa Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

“Gerakan ini bertujuan agar ibu hami dapat melakukan USG tanpa harus kesulitan mengingat biaya USG cukup mahal,” ungkapnya.

Dengan begitu, lanjutnya, kaum ibu dapat  mengetahui kondisi kehamilan dan bayi yang dikandungnya tanpa harus memikirkan mahalnya biaya USG.

Sementara itu, Dokter Spesialis Kandungan, dr Pebriwarita Pulungan, SpOG mengatakan, 30 peserta tidak pernah melakukan pemeriksaan USG dan kontrol kehamilan..

“Untuk itu, kita melakukan¬†edukasi terhadap kaum ibu agar mereka tidak kekurangan nutrisi dan protein,” pungkasnya.(riz)