22/05/2024 3:30
SUMUT

20 Karya Inovatif Siswa Sampoerna Academy Berlaga di STEAM Expo 2023

Salah satu karya siswa yang ditampilkan di ajang STEAM Expo 2023. Ist

Fokusmedan.com : Sebanyak 20 karya inovatif dari kalangan siswa sekolah Sampoerna Academy ditampilkan pada ajang STEAM Expo 2023. Seluruh karya tersebut merupakan project dari para siswa dalam berbagai bidang keilmuan mulai dari ilmu pengetahuan, teknologi, mesin, seni dan matematika.

Principal Sampoerna Academy Medan, Mary Jane Luyon-Fajardo mengatakan, 20 karya ini terpilih dari ratusan karya yang sebelumnya dihasilkan oleh para siswa mereka. Proses pemilihannya berlangsung sangat ketat yang dimulai sejak September 2022 lalu.

“Ini penilaiannya sudah dimulai dari September 2022 lalu, di mana dari ratusan project yang diajukan oleh para siswa kemudian kita bimbing dan pada akhirnya 20 ini terpilih untuk ditampilkan pada acara puncak hari ini,” katanya, Sabtu (4/3/2023).

Mary Jane mengatakan, STEAM Expo 2023 merupakan bagian dari program mereka untuk mengaplikasikan metode pembelajaran internasional yang selama ini mereka terapkan di sekolah mereka. Metode tersebut yakni STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dimana sekolah akan memberikan pendekatan pembelajaran dengan mengkolaborasikan perangkat ilmu pengetahuan, teknologi, rekayasa, seni hingga matematika kepada para siswa.

“Di sini mereka diajari mengkolaborasi seluruhnya hingga menghasilkan sebuah karya. Kemampuan mengkolaborasikan inilah yang kita harapkan menjadi bekal mereka kedepan,” ujarnya.

Seluruh siswa yang menghasilkan karya pada acara puncak ini dinilai oleh juri dengan terlebih dahulu meminta penjelasan dari para siswa mengenai project masing-masing. Mereka menjelaskan seluruh karya mereka termasuk rancangan masa depan dan kegunaan dari project tersebut dalam kehidupan masyarakat. (ng)