27/04/2024 10:35
SUMUT

Peningkatan Pelayanan Rumah Sakit di Sumut Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

Fokusmedan.com : Guna menekan angka kematian ibu dan bayi di Sumut, seluruh rumah sakit diharapkan meningkatkan pelayanannya.

Upaya peningkatan itu meliputi dimensi kepatuhan terhadap standar pelayanan, patient safety, penguatan kinerja rujukan serta keterlibatan penuh dari pasien, keluarga dan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Alwi Mujahit Hasibuan menyampaikan, mengingat peran rumah sakit sangat penting untuk menangani kesehatan ibu dan bayi.

“Drngan begitu, dapat terdeteksi awal pencegahan komplikasi kehamilan, peningkatan respon time pada kondisi darurat, serta keterpaduan data dan informasi kesehatan,” ungkapnya kepada wartawan, Kamis (2/3/2023).

Sementara itu, Chief of Party USAID MPHD Indonesia, dr Dwirani Amelia, Sp.OG mengatakan, selama tahun 2021-2022 di Sumut, MPHD telah melaksanakan pendampingan tematik di 10 dari total 18 rumah sakit swasta di Kabupaten Deli Serdang, Asahan, Langkat dan Karo.

Pendampingan tematik melibatkan mentor maternal dan neonatal Provinsi Sumut sesuai Surat Keputusan Mentor yang diterbitkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut yang terdiri dari Ahli Kandungan (SpOG), Ahli Anak (SpA), Bidan, Perawat, Manajemen RS.(riz)