23/06/2024 23:46
SUMUT

Dinas Pendidikan Sumut Gelar Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Dinas Pendidikan Sumut menggelar kegiatan PKB bagi guru dan tenaga kependidikan. Ist

Fokusmedan.com : Guna meningkatkan kualitas pendidikan di Sumatera Utara (Sumut), Dinas Pendidikan Sumut menggelar kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru dan tenaga kependidikan. Khususnya untuk mata pelajaran Kimia, Biologi, Fisika dan Matematika.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Gubernur Sumut yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Sumut Asren Nasution. Menurut Asren, pendidikan sudah seharusnya tidak mementingkan hanya kecerdasan otak, diperlukan juga pendidikan karakter untuk mendukung bangsa pintar dalam bertindak.

“Saat ini tujuan utama pendidikan bukan hanya pengetahuan, tetapi juga tindakan,” ujarnya secara virtual, pada acara pembukaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Medan, Rabu (22/2).
Disampaikan juga, peserta kegiatan tersebut berjumlah 160 orang, dari utusan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi 33 Kabupaten/Kota se-Sumut. Selanjutnya, kegiatan yang akan berlangsung hingga 24 Februari tersebut akan digelar di empat hotel di Kota Medan, sesuai mata pelajaran masing-masing.

Untuk kegiatan PKB bagi guru dan tenaga kependidikan menengah dan pendidikan khusus Provinsi Sumut, mata pelajaran Kimia, dilaksanakan di Hotel Antares. Untuk mata pelajaran Biologi di Hotel Griya, mata pelajaran Fisika di Hotel Sakura, dan mata pelajaran Matematika di Hotel Putra Mulia.

Ketua Panitia Suhendri dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SMA, SMK dan SLB Provinsi Sumut, dalam pengembangan metodologi pembelajaran kepada peserta didik di sekolah.

“Potensi atau peserta didik dapat ditingkatkan apabila diberikan pelayanan pendidikan berbasis digital yaitu apabila dilaksanakan oleh guru yang berkompeten pada bidangnya,” katanya, yang saat ini telah dilantik jadi Kabid SMK Dinas Pendidikan Sumut. (ram)