17/06/2024 17:10
FOKUS MEDAN

Atasi Masalah Sampah, Pemko Medan Minta Dukungan Masyarakat

Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau gotong royong massal membersihkan Sungai Putih.

Fokusmedan.com : Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan, Kota Medan setiap harinya menghasilkan sampah lebih kurang 2.000 ton. Dan untuk mengatasi persoalan sampah tersebut dibutuhkan dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat.

“Pemko Medan akan terus mengembangkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sehingga dapat menampung seluruh sampah di Medan,” ujar Bobby Nasution di sela-sela peninjauan gotong royong massal membersihkan Sungai Putih di Jalan Cangkir Ujung, Kecamatan Medan Barat, Rabu (22/2).

Aksi bersih sungai ini dilakukan dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023 Tingkat Kota Medan.

“Dukungan dapat diberikan masyarakat dengan memilah sampah terlebih dahulu sebelum dibuang. Artinya, masyarakat dapat memilah mana sampah basah, kering, organik dan non organik. Setelah itu baru dibuang pada tempatnya. Langkah yang dilakukan ini tentunya sangat membantu Pemko Medan dalam penanganan sampah tersebut,” kata Bobby Nasution.

Dalam pengembangan pengelolaan sampah, tambahnya, Pemko Medan melalui perangkat daerah terkait telah mengembangkan pengelolaan sampah di TPA Terjun yang selama ini menggunakan metode open dumping menjadi sanitary landfill.

Ia menambahkan, sejumlah pihak telah menawarkan kerja sama dalam pengelolaan sampah di Kota Medan.

“Yang terakhir Dubes Belanda HE Lambert Grijns juga telah menawarkan kerja sama, sebab ada beberapa kota di sana yang ingin bekerjasama dengan Pemko Medan dalam pengelolaan TPA,” ungkapnya.

Terakhir, Bobby Nasution kembali mengingatkan dan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk membuang sampah di tempatnya. Sebab, ungkapnya, tidak sedikit masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan. Sungai Putih yang menjadi lokasi gotong royong massal, katanya, sebagai contohnya.

“Hari-hari sungai yang berada di belakang saya ini menjadi tempat pembuangan sampah terbesar di wilayah ini. Seolah-olah sungai ini menjadi area tempat sampah, sebab sungai ini sudah berkali-kali kita bersihkan namun sampah tetap juga dibuang ke sungai. Oleh karenanya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai harus kita tingkatkan lagi sehingga mereka membuang sampah pada tempatnya,” harapnya. (Rio)