24/06/2024 11:24
EKONOMI & BISNIS

Perpaduan UMKM, Industri Kreatif, dan Musik di Festival Pasar Musik

Fokusmedan.com : Musik memiliki kaitan yang erat dengan dunia industri kreatif serta UMKM, oleh karena itu, ketiganya bisa digabungkan dalam sebuah wadah seperti Festival Pasar Musik. Festival Pasar Musik mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno untuk hadir dalam Festival Pasar Musik di Gambir Expo, Jakarta, 10-12 Februari 2023.

“Sebab, alasan kami adalah memiliki area pasar malam yang bekerja sama dengan UMKM. Kami berharap UMKM dapat berkembang di event Musik,” kata Head of Marketing sekaligus Business Marketing Director Festival Pasar Musik Jilan Izdihar di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Jilan menyebut bahwa konsep tersebut juga didukung dan diapresiasi langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

“Kami berharap penonton dapat menikmati Festival dengan aman dan nyaman, dan memilikiexperience yang memorable saat menghadiri Festival Pasar Musik,” terang Jilan.

Festival Pasar Musik yang dimulai pukul 13.00 dan selesai pada pukul 23.00 WIB. Harga tiket normal untuk tiga hari Festival Pasar Musik dibanderol Rp700 ribu. Festival Pasar Musik ini akan menjadi ajang kreasi para musisi dan seniman lokal untuk menampilkan karya dan nada harmonis dalam pengalaman nuansa nusantara yang khas.

“Festival Pasar Musik adalah pentas kurasi karya anak bangsa dengan misi menghadirkan musik, seni dan budaya kepada masyarakat,” kata Jilan.

Festival Pasar Musik ini menampilkan Dewa 19 Featuring Virzha, Arsy Widiyanto, Kahitna, Yovie and Nuno, Dewi Perssik, Fiersa Bersari, Gigi, Kangen Band, Nadin Amizah, Kunto Aji, Last Child, Letto, Jamrud, Maliq & D’Essentials, dan Marcel Siahaan. Selain itu juga masih ada Padi Reborn, Rizky Febian, Rocket Rockers, The Changcuters, Tiara Andini, Tipe-X, Vierratale, Seringai, Shaggy Dog, Pee Wee Gaskins, dan sejumlah artis-artis lainnya.

Diungkap Jilan, Festival Pasar Musik didirikan pada Juni 2022, bertepatan Pentas Pasar Musik di Bengkel Space. Alasan didirikan Pasar Musik Festival karena ingin menggabungkan kebutuhan harian warga, yaitu pasar dan musik

“Pencetusnya adalah CEO Nugraha Artha dan Project Director Hasyim Arief,” kata Jilan.

Kehadiran Festival Pasar Musik ini diharapkan bisa menjadi teman setia dalam semua lini kehidupan manusia karena musik adalah bahasa abstrak yang mampu menggerakkan emosi manusia