Atraksi Menembak dari FAI Pukau Perhatian Masyarakat Medan

Atraksi menembak dari FAI di Jalan Balai Kota. Ist

Fokusmedan.com : Atraksi menembak target yang ditampilkan oleh komunitas airsoft yang tergabung dalam Federasi Airsoft Indonesia (FAI) Medan jadi perhatian dalam ajang Car Free Day (CFD) yang digelar Dinas Pemuda Olahraga Medan Minggu (22/1/2023) pagi.

Atraksi FAI Medan ini di Jalan Balai Kota, depan Hotel Aston menarik perhatian warga. Mereka unjuk aksi menembak sasaran yang dijejerkan di trotoar Lapangan Merdeka dan mempersilakan warga untuk mencoba menembak. Tidak sedikit warga tertarik, bahkan beberapa wanita setengah baya juga ikut mencoba menembak di bawah arahan para pegiat FAI Medan itu.

Waketum FAI, Arbi Susilo Sudarman mengatakan, kehadiran mereka di ajang CFD ini untuk lebih mendekatkan olahraga airsoft ini kepada masyarakat, terutama di kalangan milenial.

Arbi mengatakan, peminat olahraga airsoft di Medan kian meningkat seiring bertumbuhan club-club atau komunitas airsoft, di antaranya Special Tactical Unit, Jagoan Perkasa Indonesia, dan Medan Airsoft Community.

“Milenial banyak yang mengarah ke kita. Selama ini mereka berolahraga dengan gadget. Ada e-sport, olahraga main perang-perangan tapi menggunakan gadget. Ada PUBG, Free Fire. Olah raga airsoft ini olahraga perang-perangan di dunia nyata, di mana kita menggunakan menggunakan replika senjata api yang diperuntukkan untuk kegiatan olahraga,” paparnya.

Selain airsoft, ajang CFD ini juga diramaikan oleh berbagai komunitas lainnya, di antaranya sepeda BMX dan ontel. Berbagai komunitas ini sengaja diajak Dinas Pemuda dan Olahraga untuk meramaikan dan menyemarakkan CFD yang digelar mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WIB ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pulungan Harahap diwakili Kabid Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga, Muhammad Ilfan, mengatakan, pihak sengaja mengajak berbagai komunitas dan cabang-cabang olahraga untuk menyemarakkan CFD ini setiap minggunya.

Kehadiran komunitas dan cabang olahraga ini, lanjutnya, memberikan kontribusi yang cukup besar dalam membudayakan olahraga pada diri warga Medan.

“Jadi selain menjaga lingkungan, mengurangi polusi udara, CFD ini juga menjadi ajang untuk membudayakan berolahraga pada diri warga Medan. Olahraga membuat sehat, warga sehat, negara pun kuat,” ucapnya.

Disebutkannya, dalam kegiatan ini, masyarakat bisa ikut senam, jalan, melihat berbagai atraksi dari komunitas olahraga rekreasi. (Rio)