Alasan Pentingnya Lampu Belakang Motor Tetap Menyala

Fokusmedan.com : Setiap sepeda motor pastinya dilengkapi dengan berbagai fitur dan kelengkapan standar yang mendukung keamanan berkendara, seperti halnya lampu belakang atau yang disebut dengan stop lamp. Dimana lampu kecil ini memiliki nyala cahaya warna merah yang kebanyakan orang menyebutnya sebagai lampu kota belakang.

Meski terlihat simple, namun perlu diketahui bahwa perangkat ini memiliki fungsi yang penting dalam sepeda motor. Karena lampu tersebut sebagai penanda kita dalam berkendaraan terlebih ketika berkendara dalam kondisi cuaca gelap.

Berdasarkan pancaran lampunya, terdapat 2 jenis pancaran. Pertama, lampu memancar lebih redup dan menyala secara otomatis jika mesin dihidupkan. Hal tersebut sebagai penanda jika dalam kondisi gelap, motor tetap dapat terlihat oleh pengendara lain di posisi belakang. Sedangkan yang kedua, lampu memancar terang yang berfungsi sebagai penanda jika pengendara motor sedang melakukan pengereman.

Dengan lampu nyala warna merah tersebut pengendara di belakang kita akan mengetahui kalau kita juga sedang berkendara di depannya. Sehingga ketika mereka ingin mendahului atau dengan kecepatan tinggi mereka bisa menghindari kita, dan kita tidak tertabrak.

Berbeda ketika tidak ada lampu ini atau lampu sedang mati, dari kejauhan dan kondisi gelap pastinya pengendara di belakang tidak akan mengetahui jika sedang ada yang berkendara di depannya hingga akan rawan ditabrak. Akan berbeda juga jika lampu belakang digant dengan warna putih atau terang, dimana akan sangat membahayakan pengendara lain.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, sebelum berkendara pada malam hari, sebaiknya lampu ini diperiksa. Pastikan lampu belakang ini tidak putus dan tetap menyala saat mesin motor dinyalakan. Untuk memastikan kondisi lampu dalam keadaan baik, maka para pecinta motor Honda dapat mempercayakan perawatan dan pemeriksaan motor kesayangannya pada bengkel resmi AHASS yang didukung dengan para mekanik terlatih, peraralatan lengkap, dan kenyamanan yang dihadirkan para garda terdepan Honda.(ril)