23/06/2024 19:24
NASIONAL

Cak Nun sebut Jokowi Firaun, Gibran: Dimaafkan, Tak Usah Sedikit-Sedikit Lapor

Fokusmedan.com : Budayawan Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun viral di media sosial. Viral ini bermula saat ada potongan sebuah video tentang Cak Nun yang menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Firaun. Cak Nun juga menyebut Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Hammam.

Dia mengaku sudah memaafkan semua penghinaan yang dilontarkan pada ayahnya selama ini. Suami Selvi Ananda itu juga tak berniat membawa persoalan ini ke ranah hukum.

“Semua dimaafkan. Memang kenapa, sudahlah nggak usah sedikit-sedikit lapor. Kayak nggak punya kerjaan aja,” tandasnya.

Terkait vidoe tersebut, Cak Nun menyampaikan tanggapannya. Cak Nun menjelaskan saat mengucapkan Indonesia dikuasai oleh Firaun yang namanya Jokowi, dirinya sedang dalam kondisi keblondrok atau terkecoh. Cak Nun mengaku dirinya kesambet dan hal itu di luar rencananya.

“Ketika sedang indah-indahnya Maiyah, ketika sedang puncak-puncaknya hidayah Allah menabur ke Maiyah, saya sendiri yang keblondrok. Artinya saya dikasih ujian oleh Allah yang sangat luar biasa. Meneng-meneng aku ki ngomong hal tentang Firaun,” ucap Cak Nun saat berbicara di Macapat Syafaat dan Tawashshulan di Tamantirto, Kasihan, Kabupaten Bantul, Selasa (17/1) malam.(yaya)