20/06/2024 22:57
NASIONAL

Polisi akan Pasang QR Code & Chip di Pelat Nomor Kendaraan

Fokusmedan.com : Kepolisian akan memasang QR Code dan chip di pelat nomor kendaraan. Hal itu untuk pencegahan pemakaian pelat palsu dan bisa terdeteksi ETLE.

“Kita ke depan sedang mengembangkan pelat nomor dengan QR Code dan chip,” kata Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi di gedung NTMC Polri, Jakarta, Selasa (3/1).

Firman mengakui belanja operasional untuk penerapan ETLE tidak murah. Untuk itu, ia menyayangkan masih banyak pengendara yang tidak sadar akan tertib berkendara.

“Gakkum dengan kehadiran polisiĀ dengan penegakan hukumnya akan kita munculkan lagi. Sambil kita lengkapi fasilitas untuk ETLE di lapangan. Karena ini mahal, makanya saya katakan tadi kalau masyarakatnya sadar kita enggak perlu belanja-belanja mahal seperti ini,” katanya.

Dengan QR Code dan chip tersebut, kendaraan dengan pelat nomor tidak berstandar hingga palsu tidak akan terdeteksi ETLE.

“Besok-besok yang tidak tercatat pantauan kamera sudah pasti palsu ya, kita selalu mengimbau masyarakat enggak usah beli-beli yang palsu-palsu lagi lah, ngapain di lapangan itu, ya pelat nomor kita akan kita perbaiki kualitas-kualitasnya,” katanya.

“Jadi ini tidak ada pembiaran kita ada, tinggal nanti, tinggal masyarakat jangan disulitkan oleh karena perbuatannya sendiri, sebetulnya begitu,” sambungnya.(yaya)