20/06/2024 23:13
INTERNASIONAL

Dua Helikopter Tabrakan di Australia, Empat Orang Tewas

Fokusmedan.com : Dua helikopter bertabrakan di udara pada Senin (2/1) di Gold Coast, Sydney, Australia, menewasan empat orang.

Kepolisian mengatakan tiga orang lainnya dalam kondisi kritis. Polisi menyampaikan, orang-orang yang berada di sekitar lokasi jatuhnya helikopter itu bergegas mengeluarkan penumpang keluar dari helikopter yang terbalik.

Gambar yang ditayangkan lembaga penyiaran ABC menunjukkan, satu helikopter terbalik di gundukan pasir beberapa meter dari pantai. Rotor pesawat terpotong, yang terletak tidak jauh dari situ.

Helikopter lainnya sebagian besar tampak masih utuh, berada di dekat taman hiburan laut Sea World yang populer di Gold Coast.

“Dua helikopter itu, ketika tabrakan, mendarat darurat di gundukan pasir tepat di luar resor Sea World,” kata penjabat inspektur kepolisian¬†Queensland, Gary Worrell, dalam konferensi pers di tempat kejadian, dilansir Channel News Asia, Senin (2/1).

“Akibatnya, empat orang tewas hari ini,” katanya.

“Tiga lainnya kritis di rumah sakit.”

Worrell mengatakan, kecelakaan terjadi ketika salah satu helikopter tampaknya akan lepas landas dan satu lainnya tengah mendarat. Namun hal itu belum dapat dipastikan karena masih diselidiki oleh penyelidik kecelakaan udara.

Kepolisian mengatakan, helikopter yang mendarat dengan selamat kehilangan kaca depan.

“Badan pesawat lainnya jatuh dan terbalik.”

“Anggota masyarakat dan polisi mencoba untuk memindahkan orang-orang dan mereka memulai pertolongan pertama untuk mencoba menyelamatkan orang-orang itu (dari) badan pesawat yang terbalik.”

Badan keselamatan transportasi Australia dalam pernyataannya mengatakan telah meluncurkan penyelidikan terkait kecelakaan tersebut.

Penyelidik akan memeriksa bangkai helikopter dan memetakan lokasi, juga memulihkan komponen helikopter untuk pemeriksaan.(yaya)