13/04/2024 12:35
SUMUT

China Beri Bantuan Ventilator ke Sumut

Edy Rahmayadi menerima bantuan alat kesehatan dari Konjen RRT Zhang Min.

Fokusmedan.com : Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengapresiasi Negara China atas perhatiannya terhadap Sumut, serta menyambut baik tawaran kerja sama dalam bidang ekonomi, budaya dan pariwisata, pertanian dan juga olahraga. Tawaran kerja sama tersebut akan dibahas lebih lanjut, agar menguntungkan kedua pihak.

“Pastinya ini sangat bermanfaat, dan kami mengucapkan terima kasih pada China yang begitu perhatian pada Sumut,” ucap Gubernur Edy Rahmayadi, saat menerima kunjungan Konsul Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok di Medan Zhang Min bersama rombongan di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Selasa (27/12).

Pada kunjugan ini, Zhang Min memberikan bantuan empat unit ventilator, yang sumbangan dari Provinsi Guangdong China untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, yang langsung diterima Gubernur Edy Rahmayadi bersama Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho.

Mengenai tawaran kerja sama dan investasi di Sumut, Edy Rahmayadi meminta China membantu Sumut dapat berkembang seperti Kota Shenzhen, Provinsi Guangdong China, baik dari infrastruktur, ekonomi dan sebagainya.

“Saya begitu tertarik dengan perkembangan di Kota Shenzhen. Saya harap kerja sama dan investasi dapat dilakukan, dengan anda membantu kami, dan kita berharap investasi ini dapat saling menguntungkan,” katanya.

Sementara itu, Konjen Republik Rakyat Tiongkok di Medan Zhang Min mengatakan, Republik Rakyat Tiongkok berminat untuk menjalin kerja sama dengan Provinsi Sumut, dalam hal ekonomi, budaya dan pariwisata, pertanian dan olahraga. Diharapkan kerja sama ini dapat dibahas lagi selanjutnya.

Menurut Zhang Min, negaranya (China-red) menitikberatkan kerja sama pada daerah-daerah di Indonesia, dan menjadi poin utama untuk dapat dilaksanakan. “Kita berharap kerja sama ini dapat segera terealisasi, karena negara kita memiliki hubungan yang sangat baik,” katanya.

Dalam hal meningkatkan prestasi atlet di Sumut, Zhang Min juga menawarkan untuk saling bertukar atlet Sumut dan China. China juga menyatakan siap membantu dalam pembangunan infrastruktur olahraga di Sumut. (ram)