27/04/2024 16:57
SUMUT

Sosialisasikan Konsil KTKI, Ketua PAFI Sumut: Pengurusan STR Lebih Mudah

Fokusmedan.com : Ketua Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Sumut Dr Muhammad Taufik S.Si M.Si melaksanakan sosialisasi terkait hadirnya Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) yang dilantik Menteri Kesehatan.

“Kita mensosialisasikannya melalui bakti PAFI untuk Negeri yang berkolaborasi dengan organisasi profesi kesehatan lainnya yaitu PPNI, PDUI, PDGI, EROPIN dan IAI,” sebutnya kepada wartawan, Minggu (4/12/2022).

Bakti sosial ini, lanjutnya, berupa pengobatan mata gratis, pemberian multivitamin dan resep gratis di sekretariat PD PAFI di SUMUT dan 28 Pengurus Cabang Sumut.

Sementara itu, Ketua Divisi Registrasi Konsil Kefarmasian Indonesia apt. Maryani S.Farm MKM menjelaskan, terbentuknya Konsil tersebut maka diwajibkan untuk mensosialisasikannya kepada tenaga farmasi baik apoteker terutama tenaga teknis kefarmasian, salah satunya adalah terkait surat tanda registrasi (STR) elektronik.

“Sehingga setelah terbentuknya Konsil Tenaga Kefarmasian, ke depannya untuk STR tenaga teknis kefarmasian pun akan dialihkan dari Dinas Kesehatan Provinsi ke Konsil Tenaga Kefarmasian,” ujarnya.

Dengan demikian, sambungnya, kesulitan-kesulitan yang sering terjadi karena STR nya berbeda-beda dari dinas kesehatan tidak terjadi lagi,” pungkasnya.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya sedang berkoordinasi dengan organisasi profesi dan Dinas Kesehatan untuk membuat suatu sistem. Jika sistem tersebut sudah diuji coba dan tak ada kendala, imbuhnya,maka sistem tersebut akan segera diimplementasikan.

“Targetnya mudah-mudahan di akhir Februari atau di awal Maret 2023. Sosialisasi hari ini kepada organisasi profesi, ketua pengurus daerah maupun pengurus-pengurus cabangnya termasuk juga anggota PTK yang ada di Sumatera Utara,” pungkasnya.(riz)