Investor Mulai Minati Token Kripto Terkait Piala Dunia FIFA 2022

Fokusmedan.com : Performa market kripto sepekan ini terlihat sideways, meski sedang dalam masa pemulihan pasca efek domino dari kebangkrutan FTX. Investor sudah mulai sedikit akumulasi di tengah gejolak volatilitas yang terjadi di market akhir-akhir ini.

Menjelang akhir pekan, sejumlah aset kripto, terutama yang berkapitalisasi besar atau big cap berada zona hijau pada perdagangan Jumat (18/11) pukul 16.00 WIB. Misalnya saja, dari pantauan CoinMarketCap, nilai Bitcoin berada di harga USD 16.714, naik 0,55% selama 24 jam terakhir dan turun 3,76% sepekan belakang. Ethereum (ETH) ikut melonjak 0,38% ke USD 1.210 sehari terakhir dan turun juga 5,02% seminggu belakang.

Di tengah market yang lesu, investor mulai beralih dan meminati token kripto yang berhubungan dengan Piala Dunia FIFA 2022. Trader Tokocrypto Afid Sugiono menilai, sentimen positif sedang mendorong altcoin yang berhubungan dengan pesta sepak bola terbesar tersebut reli dan terlihat bullish.

“Menjelang Piala Dunia 2022, tampak terlihat investor mulai mengakumulasi altcoin yang berhubungan dengan event tersebut, seperti Fan Token dari negara-negara partisipan. Investor tampak beralih dari akumulasi BTC atau ETH, ke Fan Token untuk meraup keuntungan,” kata Afid, ditulis Rabu (23/11).

Data CoinMarketCap menunjukkan Fan Token empat negara peserta Piala Dunia 2022 teratas mengalami lonjakan hingga dua digit dalam sepekan terakhir. Bahkan beberapa di antaranya baru saja mencapai harga tertinggi atau all-time high (ATH).

Di urutan pertama adalah Brazil National Football Team Fan Token (BFT) yang naik 15,71% dalam seminggu terakhir capai USD 1,02. Kemudian, Argentine Football Association Fan Token (ARG), naik 17,68% dan sukses mencapai ATH-nya dua pekan lalu di harga USD 8,12.

Berikutnya adalah Portugal National Team Fan Token (POR) yang naik 29,53% di harga USD5,84. Di urutan keempat adalah Spain National Fan Token (SNFT). Pada saat penulisan harganya naik 33,91% dalam tujuh hari terakhir menjadi USD 0.5037.

“Di samping Fan Token, kripto Chiliz (CHZ) kemungkinan akan bullish dampak dari Piala Dunia. Banyak Fan Token yang berada di blockchain Chiliz, sehingga ikut reli bersama Fan Token dalam jaringannya,” tutur Afid.

Kenapa Fan Token banyak diminati? Fan Token memiliki manfaat bagi penggemar bisa terlibat dalam pengelolaan manajemen klub dan berbagai keputusan dan masa depan tim kesayangannya. Semakin banyak Fan Token yang dimiliki seorang penggemar, semakin besar pula pengaruhnya dan itu menunjukkan seberapa besar loyalitasnya.(yaya)