20/04/2024 17:20
NASIONAL

Angin Kencang Robohkan Satu Unit Rumah di Tanjungpinang

Rumah warga di Tanjungpinang roboh akibat angin kencang. Humas Polresta Tanjungpinang

Fokusmedan.com : Satu unit rumah warga pesisir di Kelurahan Penyengat, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) roboh akibat terkena angin kencang, Minggu.

Rumah tersebut dihuni oleh dua orang warga, yakni Naimah (67) beserta keponakannya Awi (20). Beruntung keduanya berhasil keluar dari rumah saat kejadian, sehingga terhindar dari reruntuhan rumah roboh.

“Awi mengalami luka ringan pada bagian jidat akibat terkena reruntuhan bangunan,” kata Kapolsek Tanjungpinang Kota AKP M. Arsha melalui Personel Bhabinkamtibmas Kelurahan Penyengat Briptu Muhammad Farid S mengutip Antara, Senin (21/11/2022).

Briptu Muhammad Farid S mengaku mendapat laporan kejadian rumah roboh dari warga setempat pada pukul 13.00 WIB. Ia kemudian langsung turun melakukan pengecekan ke lokasi kejadian.

Selanjutnya, ia bersama warga sekitar melaksanakan gotong royong untuk mengevakuasi barang barang di rumah tersebut.

“Rumah itu rusak dikarenakan cuaca ekstrem di perairan Penyengat ditambah kondisi tiang rumah sudah tidak layak, sehingga roboh,” jelasnya.

Setelah kejadian itu, lanjutnya, pihak Kelurahan Penyengat langsung melaporkan insiden rumah roboh tersebut Pemkot Tanjungpinang guna menyerahkan bantuan kepada korban.

Ia turut mengimbau warga di wilayah Kelurahan Penyengat terutama yang berada di kawasan pesisir agar lebih berhati-hati dan waspada terhadap angin kencang dan gelombang tinggi seperti sekarang ini.

Menurutnya jika cuaca kurang bersahabat, warga pesisir harus segera mengevakuasi diri dan keluarga ke darat.

“Jika memerlukan tempat sementara, kami telah menyiapkan Balai Kelurahan atau Sarana Prasarana Pemerintah yang ada di Penyengat. Semoga bencana seperti ini tidak terjadi lagi,” katanya. (ram)