19/05/2024 9:35
NASIONAL

Empat Kali Gagal Tes Masuk Polri, Pria di Jayapura Malah Jadi Polisi Gadungan

Fokusmedan.com : Anggota Samapta dan Sie Propam Polres Jayapura telah mengamankan seorang polisi gadungan dengan pangkat Inspektur Dua (Ipda) bernisial ALO (21). Ia diamankan di halaman Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (24/10) siang.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen mengatakan, pria tersebut diamankan saat berlangsungnya pembukaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke-VI yang berlangsung di stadion Barnabas Youwe Sentani Kabupaten Jayapura.

“Lengkap memakai seragam Polri berpangkat Ipda, ALO akhirnya digelandang Propam Polres Jayapura,” kata Fredrickus dalam keterangannya, Selasa (25/10).

Dia menjelaskan, ALO diamankan oleh pihaknya karena gerak-gerik pemuda tersebut sangat mencurigakan anggotanya yang berada di lapangan.

“ALO dicurigai anggota kami yang dilapangan karena gerak-geriknya, saat akan didekati ia sempat hendak kabur namun berhasil diamankan,” jelasnya.

Berdasarkan keterangan, ia nekat menjadi polisi gadungan karena ingin sekali menjadi bagian dari Korps Bhayangkara. Karena, ia sudah empat kali mengikuti tes namun gagal.

“Motifnya bahwa ia ingin sekali menjadi anggota Polri untuk mengantikan kakak-kakaknya yang sudah meninggal,” ungkapnya.

“Diketahui juga pelaku telah empat kali mengikuti tes seleksi Polri namun gagal atau tidak lulus, ia juga mengakui pakaian dan atribut Polri dibelinya dan dijahitnya langsung di salah satu toko yang ada di Sentani,” tutupnya.(yaya)