Pemko Medan Raih Peringkat Kedua ALI 2022

Pemko Medan raih peringkat kedua ALI 2022. Ist

Fokusmedan.com : Pemko Medan meraih penghargaan Anugrah Layanan Investasi  (ALI) Tahun 2022 dengan Kategori Pemerintah Kota Terbaik Kedua atas Hasil Penilaian Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu pintu (PTSP) dan Kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) di Hotel Fairmont Jakarta Jalan Asia Afrika Jakarta, Rabu (12/10).

Penghargaan ini sebagai pengakuan Nasional terhadap kinerja PTSP dan PPB Pemko Medan. Penghargaan diserahkan langsung Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Rangkaian penilaian kinerja telah berlangsung mulai Mei hingga September Tahun 2022 dengan tahapan Penilaian Mandiri oleh Pemerintah Daerah, Verifikasi Dokumen dan  Lapangan oleh Kementerian Investasi/BKPM, Rekapitulasi Hasil dan Penetapan Nomine,  Uji Petik Nomine  dan Penetapan Pemerintah Daerah Terbaik.

Adapun komponen penilaian terhadap penilaian Kinerja PTSP adalah Kelembagaan, Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana Kinerja dan Implementasi OSS.  Sedangkan untuk Kinerja PPB adalah Penerapan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko, Penyederhanaan Persyaratan Dasar Perizinan Berusaha dan Peningkatan Iklim Investasi.

Subjek penilaian sebanyak 17 Kementerian Negara Lembaga, 34 Pemerintah Provinsi, 416 Kabupaten, dan 98 Kota. Berdasarkan penilaian yang dilakukan, Pemko Medan berhasil mendapatkan penghargaan ALI 2022 sebagai Peringkat Kedua Kinerja Terbaik Pemerintah Daerah kategori Kota dari  98 Pemerintah Kota se-Indonesia.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan, penghargaan yang diperoleh ini menjadi salah satu pencapaian sekaligus pengakuan Nasional terhadap kinerja PTSP dan PPB Pemko Medan dan menjadi bukti kolaborasi nyata dari seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Medan melalui DPMPTSP Kota Medan sehingga mampu mencapai prestasi di level Nasional.

“Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pemko Medan, terkhusus DPMPTSP Kota Medan untuk terus meningkatkan kualitas kinerjanya di masa yang akan datang,” kata Bobby Nasution. (ram)