20/04/2024 18:55
EKONOMI & BISNIS

Bulog Sumut Salurkan 27.600 Ton Beras KPSH

Pekerja mengisi beras kedalam karung di Gudang Bulog. Antara

Fokusmedan.com : Perum Bulog wilayah Sumatera Utara (Sumut) mencatat, hingga minggu ke 3 September, sudah menggelontorkan 27 ribu ton beras lewat program program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH). Operasi Pasar tersebutvdemi menjaga harga beras di pasaran agar tidak terjadi lonjakan.

Pemimpin Perum Bulog wilayah Sumut, Arif Mandu mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran untuk memastikan program KPSH yang sudah berjalan lancar sepanjang tahun ini makin dimasifkan agar tidak ada gejolak harga di tingkat konsumen.

“Masyarakat jangan khawatir, Perum Bulog wilayah Sumut menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat dengan harga terjangkau walau di pasaran ada sedikit kenaikan harga,” katanya melalui keterangan tertulis dikutip Senin (26/9/2022).

Bulog Sumut, lanjutnya, melakukan pemantauan secara terus menerus di tengah situasi saat ini. Berdasarkan pencatatan harga beras hanya mengalami sedikit kenaikan dikarenakan faktor kenaikan harga BBM dan saat ini telah memasuki musim panen gadu yg dapat menambah suplai pasokan beras kemasyarakat.

Kegiatan Operasi Pasar atau Program KPSH yang dilakukan sepanjang tahun oleh Perum Bulog wilayah Sumut ini terbukti efektif menjaga stabilitas harga beras di tingkat konsumen. Kegiatan ini juga merupakan realisasi dari Tiga Pilar Ketahan Pangan yang ditugaskan kepada Perum Bulog yaitu ketersediaan, keterjangkauan dan stabilitas.

“Yang menjadi fokus kami saat ini adalah stabilitas harga beras di masyarakat, untuk itu kami akan upayakan semaksimal mungkin pelaksanaan program stabilisasi tersebut tanpa ada unsur kepentingan apapun kecuali kepentingan rakyat, terlebih ditengah situasi seperti sekarang,” ujarnya. (ng)