Bobby Nasution Boyong UMKM dan Talenta Medan ke Ibu Kota

Wali Kota Medan Bobby Nasution hadiri Koekraf Expo 2.0 di M Block Space Jakarta Selatan. Ist

Fokusmedan.com : Pemerintah Kota (Pemko) Medan lewat Dinas Koperasi dan UMKM diminta agar serius membawa produk UMKM Kota Medan ke tingkat yang lebih tinggi. Salah satu upaya adalah mengenalkannya hingga ke Ibu Kota Jakarta lewat event bertajuk UMKM/Koekraf Expo 2.0 di M Block Space Jakarta Selatan.

Setidaknya ada 10 tenant atau booth yang memamerkan produk andalan Medan. Lontong Medan pun dihadirkan sehingga cukup mengobati rasa kangen warga Medan yang sudah stay di Jakarta. Lainnya, produk seperti kerajinan, tenun, hingga fashion.

Tak hanya memasarkan produk UMKM, Komite Ekonomi Kreatif Kota Medan yang dibentuk Wali Kota Medan Bobby Nasution itu juga menggelar konser musik. Selain mengundang band-band lokal Jakarta, Koekraf juga membawa band asal Kota Medan.

Di M Blok Jakarta Selatan, Bobby memboyong banyak produk UMKM yang akan dikenalkan kepada warga Jakarta atau bahkan warga Medan yang kini telah bermukim di Jakarta. Barangkali rasa kangen akan kuliner Medan akan terobati dengan event yang digelar gratis untuk umum ini.

“Saya tegaskan agar Pemko Medan fokus dan terarah dalam membina dan membantu pelaku UMKM agar naik ke tingkatan yang lebih tinggi,” kata Bobby, Sabtu (17/9/2022).

Pada malam hari, sejumlah musisi yang tampil antara lain Viky Sianipar, Ogar Nababan, Oslo, Romantic Ecos hingga Vintage Glasses band yang sengaja dibawa dari Medan sukses pukau pengunjung.

Bahkan saat Viky Sianipar tampil, Bobby diminta naik ke atas panggung dan ikut bernyanyi. Sebelumnya, Suami Kahiyang Ayu itu memberikan kata sambutan yang membakar semangat para pengunjung.

“Anak Medan banyak yang ke Jakarta dan sukses. Sekarang saatnya yang sudah sukses di Jakarta kembali ke Medan, ajak, ajari, beri peluang, beri ruang kepada anak muda kreatif Medan agar bisa ikut sukses juga,” kata Bobby.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Benny Iskandar Nasution mengaku mendapatkan arahan dari Wali Kota agar semaksimal mungkin membuat pelaku UMKM di Kota Medan semakin maju.

“Banyak program yang sudah kita jalankan untuk membina UMKM. Mulai dari pelatihan, pameran hingga memasukkan produk UMKM kita ke marketplace dan E Katalog Pemko Medan. Nah event di Jakarta ini salah satu cara agar produk UMKM kita makin dikenal di kancah nasional. Ini semua sesuai arahan Pak Wali dan ibu Ketua PKK. Mari kita dukung terus produk UMKM Medan. Karena kualitasnya tak kalah dengan yang lain,” terang Benny. (ram)