26/04/2024 11:34
SUMUT

Ombudsman Berinisiatif Lakukan Kajian Pelayanan Publik Disabilitas

Fokusmedan.com : Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar berinisiatif melakukan kajian pelayanan publik bagi kaum disabilitas.

Ha itu disampaikannya saat melakukan pertemuan dengan sejumlah penyandang dan pendamping disabilitas di Jalan Sei Besitang, Medan.

“Ombudsman akan menjadikannya sebagai rujukan standar nasional pelayanan publik bagi penyandang disabilitas,” sebutnya kepada wartawan, Jumat (16/9/2022).

Ia menambahkan, kajian ini akan diawali dengan observasi lapangan secara outdoor dan indoor ke sejumlah kantor yang menangani pelayanan publik serta ke sejumlah ruas jalan utama di Kota Medan.

Selanjutnya melihat fasilitas guiding block atau jalur pemandu yang telah terpasang, apakah sudah memenuhi standar atau tidak.

“Nantinya dari hasil kajian, Ombudsman akan mengeluarkan LHA (laporan hasil akhir) untuk diserahkan ke Pemko Medan dan pihak-pihak terkait lainnya tentang kondisi pelayanan publik bagi penyandang disabilitas,” ujarnya.

Tampak hadir pada pertemuan tersebut diantaranya Sri Melati dan Merlin dari Yayasan Pendidikan Dwituna Harapan Baru.(riz)