Dukung Program PJS, Pj.Wali Kota Pekanbaru Akan Buka Pelatihan Jurnalisitik

Fokusmedan.com : Pj. Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, S.STP., M.AP mengatakan pembenahan kota menjadi titik fokusnya saat ini. Wali Kota menyebut, pembenahan Kota Pekanbaru, tidak lagi sebatas NATO (No Actions Talk Only). Harus lewat tindakan nyata, turun langsung ke lapangan.

Hal ini disampaikannya saat menerima pimpinan Lembaga Pendikan Wartawan Pekanbaru Journalist Center (PJC) serta Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Jurnalis Siber (DPD PJS) Provinsi Riau, Kamis (18/08/2022).

“Selama ini, ada kesan persoalan banjir dan sampah terbiarkan. Tanpa penanganan serius. Kita harus mengembalikan kepercayaan warga tentang pembenahan persoalan lingkungan,” ungkap Pj Walikota Pekanbaru itu.

“Saya kira, tanpa peran positif dari rekan jurnalis pembenahan masalah lingkungan di area kota ini, tidak akan maksimal,” katanya.

Untuk itulah, Wali Kota menyambut baik, Program PJC dan DPD PJS Riau yang akan menggelar Pelatihan Wartawan bertajuk: Jurnalistik Lingkungan, 29 Agustus 2022 di Hotel New Holly Wood, Pekanbaru.

“Saya kira pelatihan ini penting, guna mendukung program Kota Pekanbaru: membenahi masalah banjir dan masalah sampah. Insya Allah, saya siap mendukung serta bersedia membuka acara Pelatihan Wartawan bertajuk: Jurnalistik Lingkungan,” kata Pj. Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, S.STP., M.AP.

Audensi dipimpin langsung Direktur Utama PJC, yang juga Ketua DPD PJS Provinsi Riau, Drs. Wahyudi El Panggabean, M.H yang juga penulis buku-buku jurnalistik itu, menyerahkan salah satu bukunya kepada Wali Kota berjudul: “Strategi Wartawan Berburu Informasi, Menghindari Kekerasan”, pengantarnya ditulis Tokoh Masyarakat Riau, Prof.Dr. Tabrani Rab.

Audensi itu juga dihadiri Direktur Pendidikan PJC, yang juga Wakil Ketua DPD PJS, Bidang Hukum dan Advokasi, Asmanidar, S.H., Sekretaris DPD PJS Riau, Abdul Kadir, S.Pd., M.Pd., M.I.Kom., Wakil Sekretaris DPD PJS Riau Catur Setiawan, Bendahara DPD PJS Riau Zonny Hudri, Ketua Bidang Informasi dan Teknologi Adi Umar serta Bidang Informasi dan Teknologi Nurhasanah.

“Saya sudah lama membina hubungan baik dengan Pak Wako kita ini. Kami selalu berdiskusi. Beliau ini pemimpin Riau masa depan,” kata Wahyudi.

Sementara itu, Sekretaris DPD PJS, Abdul Kadir mengatakan pelatihan jurnalistik yang akan digelar merupakan program kerja sama PJC dan PJS Riau.

“Pelatihan jurnalistik ini sangat penting dilakukan mengingat pendidikan di bidang jurnalistik harus terus ditingkatkan. Sekolah itu lain hal, belajar terus menerus adalah tugasmu,” katanya seraya mengutip kata-kata motivator asal Amerika itu.

Romi, selaku Dewan Pengawas PJC serta Wakil Ketua Bidang Kerjasama DPD PJS Riau, dipercaya sebagai Ketua Panitia Pelaksana pelatihan jurnalistik.

“Peserta pelatihan masih memprioritaskan anggota PJS Riau dan Insya Allah akan dihadiri Ketua Umum DPP PJS, Bapak Mahmud Marhaba,” katanya.

Pelatihan ini, menghadirkan sedikitnya, lima instruktur untuk mengasah skill jurnalisme peserta.

“Ketua Umum DPP PJS yang akan mendoktrin peserta tentang pentingnya kompetensi dan profesionalisme wartawan,” katanya.(ril)