HUT Ke-77 RI, Warga Musi Banyuasin Bentangkan Bendera Sepanjang 177 Meter di Sungai

Fokusmedan.com : Bendera merah putih sepanjang 177 meter dibentangkan di Sungai Lalan di Bayung Lencir, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Aksi itu dilakukan untuk memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia.

Pembentangan bendera itu dilakukan warga dan sejumlah instansi seperti Polri, TNI, guru, dokter, karang taruna, dan pemerintah setempat. Rombongan membentangkan bendera dengan cara menumpangi beberapa kapal.

Aksi itu menjadi perhatian pengendara di Jalan Lintas Palembang-Jambi.
Ketua Panitia HUT RI ke-77 Kecamatan Bayung Lencir Heru Kharisma mengungkapkan, hari kemerdekaan tahun ini direfleksikan dengan cara berbeda dari sebelumnya.

Aksi membentangkan bendera di atas Sungai Lalan ini mengangkat budaya masyarakat setempat. Terlebih, Sungai Lalan merupakan salah satu keindahan alam di daerah itu.

“Kami bentangkan bendera merah putih sepanjang 177 meter di sungai dan membagikan 177 bendera ke masyarakat,” ungkap Heru, Selasa (9/8).

Dua Tahun Redup

Menurut dia, HUT RI tahun ini merupakan momentum untuk kembali menggairahkan semangat UMKM yang meredup sejak dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19. Kemeriahannya dinantikan masyarakat setelah lama tak digelar kegiatan serupa.

“Kita berusaha menjawab kerinduan masyarakat yang sudah lama menantikan kemeriahan peringatan HUT RI di Bayung Lencir akibat pandemi,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menggelar sejumlah perlombaan. Di antaranya gerak jalan, karnaval, panjat pinang, dan perlombaan hiburan lainnya.

“Persiapan sudah disusun dengan matang. Mudah-mudahan tahun ini lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya.(yaya)