Ini Peninggalan Terakhir Tjahjo Kumolo ke Airlangga sebelum Wafat

Fokusmedan.com : Menko Perekonomian Airlangga Hartarto melayat ke rumah duka Menpan RB Tjahjo Kumolo di Kompleks Widya Candra, Jakarta Selatan. Airlangga bercerita kenangan semasa bekerja bersama Tjahjo di Kabinet Jokowi.

Airlangga mengaku sangat dekat dengan Tjahjo. Bahkan, kata Airlangga, Tjahjo memberikan peninggalan berupa satu lembar data penting untuknya.

Data tersebut terkait tugas Airlangga sebagai menteri. Sayang Airlangga tak mau membocorkan selembar data yang diberikan Tjahjo tersebut.

“Ya, pak Tjahjo memberikan saya sebuah satu lembar data yang sangat berguna. Persoalan Baik itu pemerintahan maupun politik,” kata Airlangga di lokasi, Jumat (1/7).

Selama di kabinet, Airlangga mengatakan sering bertukar informasi dengan Tjahjo. Termasuk membantu Airlangga terkait kebutuhan dan rotasi ASN di kementerian.

“Jadi saya sangat kehilangan dan secara rutin almarhum pak Tjahjo itu sering memberikan data-data masukan-masukan baik tentang kepemerintahan maupun politik,” ujar Ketum Partai Golkar.

Airlangga menambahkan, kinerja Tjahjo di KemenPAN RB juga baik dan sukses. Hal ini dirasakan oleh menteri-menteri lain ketika membutuhkan bantuan soal ASN.

“Ya memang selama beliau di ASN, kami tidak pernah mendapatkan kesulitan. Seluruh proses baik itu untuk eselon satu berproses secara cepat dan kami juga sangat terkesan pada saat beliau sebelumnya di Kementerian Dalam Negeri,” terang dia.

2 dari 2 halaman

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah ikut mengenang sosok Tjahjo Kumolo semasa hidup. Menurutnya, Tjahjo adalah sosok bersahaja, tak banyak bicara namun kerja keras.

Kebersahajaan beliau ya sangat bersahaja. Saya kenal beliau kan sejak di dpr, bukan saja ketika saya jadi menteri tapi ketika di DPR saya kenal beliau. Sangat bersahaja, enggak banyak bicara, tapi saya tahu, beliau sangat bekerja keras,” ujar dia.

Ida menambahkan, Tjahjo Kumolo juga tak pernah menunjukkan dirinya senior baik di kabinet Jokowi atau DPR.

“Beliau enggak menunjukan keseniorannya, enggak banyak bicara saya lihat tapi beliau saya tahu banyak bekerja,” tutup Ida.(yaya)