26/04/2024 3:02
NASIONAL

Elite Parpol Ramai Lobi-Lobi buat Pencapresan, PSI Kutip Jokowi ‘Ojo Kesusu’

Fokusmedan.com : Mesin politik pencapresan mulai dinyalakan. Sejumlah elite partai politik (Parpol) belakangan ‘giat’ melakukan lobi-lobi politik.

Bahkan, tiga parpol yakni Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah sepakat membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Mencermati hal itu, Parta Solidaritas Indonesia (PSI) malah memasang baliho dengan foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertuliskan ‘ojo kesusu’ di sejumlah tempat.

Saat dikonfirmasi, Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha membenarkan bahwa PSI yang memasang baliho-baliho tersebut.

“Baliho-baliho itu memang kami yang pasang. Kalau ditanya tujuannya, ya ini kira-kira bentuk dukungan kami pada Pak Jokowi bahwa ojo kesusu atau jangan tergesa-gesa dalam menetapkan calon presiden mendatang,” kata Giring saat dikonfirmasi, Jumat (24/6).

Ia mengatakan Pemilu 2024 masih dua tahun lagi. Seharusnya, energi dan waktu elite politik juga selayaknya lebih banyak ditumpahkan untuk agenda tersebut daripada kasak-kusuk soal pencapresan.

“Pilpres masih dua tahun lagi. Bukan tidak boleh bicara soal pencapresan, tapi alokasi energi dan waktunya harus proporsional. Kami juga bicara Pilpres dengan ‘Rembuk Rakyat PSI’ tapi forum tersebut lebih untuk memberi kesempatan akar rumput bersuara dan mengenali para bakal calon,” ujar Giring.

Ia menekankan dampak buruk pandemi masih dirasakan rakyat. Para elite politik semestinya terpanggil untuk ikut bahu-membahu mengatasi. Lobi-lobi soal capres bisa ditunda sementara.

Jargon ‘ojo kesusu’ sendiri dilontarkan Jokowi dalam Rakernas V 2022 Relawan Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, beberapa hari lalu.

Saat itu, dalam sambutannya, Jokowi meminta para relawan untuk bersabar menyikapi Pilpres 2024.

“Yang berkaitan dengan politik, yang kedua karena kita harus fokus dan bekerja menyelesaikan persoalan-persoalan tadi yang ketiga urusan politik ojo kesusu sik (jangan terburu-buru),” pinta Jokowi.

“Jangan tergesa-gesa. Jangan tergesa-gesa. Meskipun, mungkin yang kita dukung ada di sini,” sambungnya.(yaya)