17/04/2024 1:02
NASIONAL

Gempa M 4,8 Guncang Sinabang Aceh 

Gempa M 4,8 guncang Sinabang Aceh. Ist

Fokusmedan.com : Gempa dengan magnitude 4,8 mengguncang Sinabangd dan Lasikin Simeuleu, Aceh, Senin (20/6/2022) siang.

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.20 LU dan 96.23 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 33 km arah Barat Daya Sinabang – Aceh pada kedalaman 77 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi,” kata Kepala BMKG Medan Darmawan.

Ia mengatakan guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Sinabang dan Lasikin Simeulue III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Darmawan menyampaikan hingga hari Senin, 20 Juni 2022 pukul 12.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulanm

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” tukasnya.(Rio)