NasDem Rekomendasikan Ganjar Capres 2024, PDIP Buka Peluang Koalisi

Fokusmedan.com : Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Politik, Puan Maharani menegaskan partainya tidak masalah Partai NasDem berencana mengusung Ganjar Pranowo. Ganjar Pranowo yang notabene kader PDIP DirekomondisikanĀ NasDem sebagai bakal calon presiden 2024.

“Oh ya enggak lah (masalah). Itu kan masalah internal, setiap partai politik masing-masing punya mekanismenya. Jadi biasa aja,” kata Puan, saat diwawancarai di Sekolah PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu (18/6).

Puan menyampaikan, manuver Partai NasDem dalam menentukan bakal calon presiden (bacapres) sah-sah saja. Sebab, PDI Perjuangan juga memiliki mekanisme tersendiri dalam menentukan sosok yang akan diusung menjadi capres di 2024 mendatang.

“Kalau PDIP punya mekanisme tersendiri juga untuk menentukan bacapresnya dan bacawapres. Jadi ya silakan saja itu mekanisme setiap partai politik berbeda-beda. Jadi menurut saya sah-sah saja,” ucap Ketua DPR RI itu.

Perihal koalisi, Puan menyampaikan PDIP selalu terbuka dengan partai mana saja termasuk dengan Partai NasDem.

“Ya bisa saja, kita ini berkoalisi dengan siapa aja. Kalau saya kalimatnya bukan koalisi tapi kerja sama. Bisa saja kita bekerjasama untuk membangun bangsa dan negara ini,” ucapnya.

Partai NasDem telah menyelesaikan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang diselenggarakan selama tiga hari, mulai 15 Juni sampai dengan 17 Juni 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Hasilnya, partai besutan Surya Paloh itu siap mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Andika Perkasa untuk maju Pilpres 2024.

“Maka saya akan bacakan penetapan rekomendasi bakal calon presiden Republik Indonesia pada Pemilu 2024. Pertama Anies Rasyid Baswedan, kedua Muhammad Andika Perkasa, ketiga Ganjar Pranowo,” tutur Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem Surya Paloh di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Ketua Steering Committee (SC) Rakernas Partai Nasdem Prananda Surya Paloh menambahkan, ketiga nama yang sudah diserahkan pastinya sesuai dengan persyaratan partai.

“Setelah melalui mekanisme Rakernas yang dinamis dan penuh suka cita, semalam Steering Committe telah menggodok tiga nama, tiga nama itu tentu sesuai dengan kriteria yang diinginkam oleh Ketua Umum dan pasti memenuhi persyaratan yang diajukan Partai Nasdem. Maka dengan seizin Rakernas yang mulia ini dan Tuhan Yang Maha Esa rekomendasi ini, saya mewakili Steering Committee menyerahkan kepada Ketua Umum,” kata Prananda.(yaya)