20/04/2024 20:30
SUMUT

Jemaah Haji yang Miliki Penyakit Bawaan Diimbau Membawa Obat ke Tanah Suci

Folusmedan.com : Jemaah haji Indonesia khususnya dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang memiliki penyakit bawaan diimbau agar membawa obat yang biasanya dikonsumsi ke Tanah Suci.

Imbauan ini disampaikan Tim Promosi Kesehatan (Promkes) Petugas Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2022 dr Aris Yudhariansyah keada wartawan, Rabu (8/6/2022).

“Khususnya jemaah haji dengan penyakit bawaan jantung, hipertensi dan penyakit degeneratif lainnya. Obat yang dibawa sesuai dengan jumlah dan dosis yang cukup selama 40 hari,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya meminta kepada para jemaah haji yang memiliki penyakit tersebut agar aktif melakukan komunikasi medis dengan tenaga kesehatan. Baik itu di kloter maupun di sektor untuk menyesuaikan aktivitas ibadah fisik dengan kondisi kesehatannya.

Selanjutnya, para jemaah selama di Tanah Suci supaya tetap mematuhi protokol kesehatan guna terhindar dari Covid-19. Untuk itu, tambahnya, supaya rajin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan ikuti program vaksinasi.(riz)