Kominfo Hentikan Siaran TV Analog Mulai 30 April 2022

Kominfo hentikan siaran tv analog mulai 30 April mendatang. Getty Images

Fokusmedan.com : Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengklaim peralihan siaran TV analog ke siaran digital tahap I akan berlangsung tepat waktu.

Juru Bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi mengatakan proses tahap I Analog Switch Off (ASO) itu, yang dijadwalkan mulai 30 April di sejumlah wilayah di Indonesia, bakal berjalan sesuai rencana.

“Persiapan menuju Analog Switch Off (ASO) tahap 1 terus dilakukan sehingga bisa terlaksana sesuai jadwal yang ditentukan. Evaluasi secara berkala terus dilakukan oleh Kementerian Kominfo bersama para lembaga penyiaran,” ujarnya dikutip CNNIndonesia.com, Rabu (20/4/2022).

Lebih lanjut ia menggarisbawahi berbagai hal utama dalam proses migrasi siaran TV analog ke digital, yakni kesiapan infrastruktur, multipleksing, siaran digital, sosialisasi, dan penyediaan Set Top Box (STB).

Dia menjelaskan masyarakat di wilayah ASO tahap I sudah bisa menikmati siaran TV digital, meskipun ASO tahap I akan bergulir pada 30 April.

Namun, bagi masyarakat yang belum punya TV digital maka harus menggunakan perangkat tambahan STB agar bisa menerima siaran digital dengan kualitas gambar yang diklaim lebih jernih.

“Masyarakat pada wilayah ASO 1 sudah bisa berpindah ke siaran digital tanpa harus menunggu tanggal 30 April 2022 ketika siaran analog dimatikan,” ujarnya.

Lebih lanjut Dedy menjelaskan masyarakat yang sudah punya TV digital bisa melakukan pemindaian ulang atau scan ulang siaran TV.

Warga miskin dapat STB gratis
Dedy menjelaskan perangkat STB akan dibagikan gratis kepada warga tak mampu. Hal ini berkaitan dengan Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran.

Lewat PP itu, menurut Dedy, rumah tangga miskin yang terdampak program ASO mendapat bantuan STB yang bersumber dari komitmen penyelenggara multipleksing, bantuan pemerintah, di mana saat ini sudah mulai dibagikan secara bertahap.

Namun saat ditanya berapa banyak STB yang sudah dibagikan kepada masyarakat miskin di wilayah ASO tahap I, ia enggan menjawab. Dia menyebut distribusi STB ke warga miskin diklaim berjalan tepat waktu.

“Pembagian STB sudah dijadwalkan dan Kemenkominfo terus berkoordinasi dengan para penyelenggara multipleksing dalam memantau serta mengupayakan agar pelaksanaan distribusi STB berjalan tepat waktu,” ujarnya.

Berikut daftar wilayah di Indonesia yang masuk tahap I ASO, 30 April 2022:

Provinsi Aceh
Sumatera Utara
Sumatera Barat
Riau
Jambi
Sumatera Selatan
Bengkulu
Lampung
Kepulauan Bangka Belitung dan Kep Riau
Jawa Barat
Jawa Tengah
Jawa Timur
Banten
Bali
Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Timur
Kalimantan Barat
Kalimantan Selatan
Kalimantan Timur
Kalimantan Utara
Sulawesi Utara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Sulawesi Tenggara
Gorontalo
Sulawesi Barat
Maluku
Maluku Utara
Papua
Papua Barat
Papua Barat.(ram)