26/04/2024 11:34
NASIONAL

KPPU dan Duta Besar Jepang Sepakati Akselerasi Kerja Sama Pengawasan Pasar Digital

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji bersama Ketua KPPU, Ukay Karyadi. Ist

Fokusmedan.com : Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan Kedutaan Besar
Jepang untuk Indonesia sepakat untuk mengakselerasi kerja sama antar kedua Lembaga dan Negara, khususnya dalam pengawasan persaingan usaha di pasar digital.

Hal ini mengemuka dalam pertemuan yang dilakukan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji dengan Ketua KPPU, Ukay Karyadi di Kantor Pusat KPPU Jakarta, Senin (18/4/2022).

Dalam pertemuan, kedua pihak juga memandang perlu adanya peningkatan upaya kepatuhan pelaku usaha Jepang di Indonesia atas hukum persaingan usaha dan pengembangan kemitraan dengan
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Ketua KPPU, Ukay Karyadi mengungkapkan, urgensi pengaturan persaingan usaha di
pasar digital melalui suatu Undang-Undang pasar digital. Dalam mengedepankan isu
tersebut, perlu disusun suatu kajian yang komprehensif atas pentingnya Undang-Undang
pasar digital dan bagaimana Undang-Undang dapat meningkatkan upaya pencegahan dan
penindakan bagi pelanggaran persaingan usaha di pasar digital.

:Selain itu turut dibutuhkan adanya suatu program bagi pengembangan kapasitas internal dalam melaksanakan pengawasan di pasar digital,” ujarnya.

Lebih lanjut, guna menciptakan iklim usaha yang kondusif antara Indonesia dan Jepang, KPPU juga mengajak Kedutaan Besar Jepang agar mendorong kepatuhan pelaku usaha Jepang di Indonesia atas hukum persaingan usaha dan pelaksanaan kemitraan UMKM. Ajakan ini disampaikan memperhatikan masih ditemukannya berbagai kasus
persaingan usaha di KPPU yang melibatkan pelaku usaha Jepang.

Duta Besar Kanasugi Kenji sepakat atas informasi yang disampaikan Ketua KPPU dan menyambut baik adanya akselerasi hubungan kerja sama antara kedua Lembaga maupun kedua negara dalam pengawasan persaingan usaha di pasar digital maupun kemitraan UMKM.(ng)