30/04/2024 11:08
FOKUS MEDAN

Puluhan Tahun Jalan di Perumnas Mandala Rusak Parah, FBAPM dan Ormas Tanam Pohon Pisang

FBAPM dan Ormas tanam pohon pisang di jalan rusak. Ist

Fokusmedan.com : Puluhan tahun Jalan Protokol Perumnas Mandala, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang rusak parah, Forum Bersatu Anak Perumnas Mandala (FBAPM) bersama ormas PP, Bikers FKPPI Korsa Sumut, Sub Rayon FKPPI, AMPI dan warga menggelar aksi demo sekaligus menanam pohon pisang, Sabtu (26/3/2022).

Pantauan wartawan di lokasi, puluhan massa gabungan itu itu menanam pohon pisang di Jalan Enggang Raya yang digenangi air hujan. Jalan rusak yang seperti kubangan kerbau itu juga diisi dengan beberapa ekor ikan lele.

Dalam aksi tersebut, para pendemo juga membentangkan poster bertuliskan “Jika musim kemarau jalan rusak menimbulkan debu, jika hujan seperti kubangan kerbau. Banyak korban kecelakaan akibat jalan rusak. Apa kinerja Pemkab Deliserdang. Banyaknya jalan rusak di Perumnas Mandala seperti dianak tirikan. Kami warga Perumnas Mandala menuntut pemerintah setempat agar Jalan Enggang Raya yang sudah puluhan tahun rusak segera diperbaiki.”

Dewan Penasehat FBAPM Roni H Napitupulu ST didampingi Ketua Bikers FKPPI Korsa Sumut Herman Marpaung, Ketua Sub Rayon FKPPI Nunut Peterson, perwakilan dari AMPI Boy Girsang, Ketua Ranting PP Enggang Muktar Sihotang dan warga setempat, Bernardus Lumbantobing SE yang diwawancarai di lokasi mengatakan massa gabungan hari ini melakukan aksi demo karena merasa miris dengan jalan-jalan yang ada di Perumnas Mandala.

“Akibat jalan rusak ini sering terjadi kecelakaan dan memakan korban. Tidak ada perhatian-perhatian pejabat-pejabat tertentu dalam memperhatikan jalan rusak di Jalan Enggang Raya ini. Selain itu dua kelurahan yang ada di Perumnas Mandala ini juga masih banyak jalan-jalan rusak,” ungkapnya.

Ditanya sudah berapa lama jalan itu rusak, Roni mengatakan sudah puluhan tahun. Perumnas Mandala ini seperti dianak tirikan oleh Pemkab Deliserdang. Dengan kondisi seperti ini, FBAPM bersama ormas-ormas serta warga lainnya berinisiatif melakukan aksi tanam pohon pisang.

“Kami tidak tahu apa penyebabnya sehingga Perumnas Mandala ini dianak tirikan. Saya mewakili masyarakat Perumnas Mandala sangat mengharapkan pejabat-pejabat tertentu supaya meninjau jalan-jalan yang rusak. Serta memperbaiki jalan rusak secepatnya,” harapnya.

Amatan di lapangan, selain di Jalan Enggang Raya, jalan rusak juga terlihat di Jalan Murai, Jalan Kapodang 2, Jalan Tiung depan Pajak Enggang dan lapangan sepak bola, Jalan Enggang Besar, Jalan Balam, Jalan Enggang Raya Ujung, Jalan Kenari Raya 2, Jalan Kenari Raya/Simpang Kiwi, Jalan Kiwi Raya dan Jalan Pelikan Raya.(Rio)