Datangi DPR, Dubes Ukraina Minta Indonesia Berperan Aktif Hentikan Invasi Rusia

Fokusmedan.com : Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar melakukan pertemuan dengan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (25/3). Dubes Ukraina meminta Indonesia untuk berperan aktif menghentikan invasi Rusia.

“Hari ini ada Duta Besar Ukraina datang ke kantor DPR, dan beliau menjelaskan semua perkembangan yang sungguh memilukan dan memprihatinkan agresi Rusia pada Ukraina,” ujar politikus yang akrab disapa Cak Imin usai pertemuan.

“Beliau berharap Indonesia berperan aktif untuk menghentikan perang, melalui cara cara hubungan Indonesia dengan Rusia,” katanya.

Salah satu cara diplomatik yang bisa dilakukan Indonesia adalah melalui konferensi tingkat tinggi (KTT) G20. Dalam forum itu Indonesia bisa meminta Rusia untuk menghentikan serangan ke Ukraina.

“Salah satunya beliau berharap G20 menjadi sarana penting untuk meminta Putin menghentikan serangan serangan perang pada Ukraina,” ujar Cak Imin.

Hasil pertemuan Cak Imin dengan Dubes Ukraina hari ini akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo untuk mengambil peran diplomatik untuk hentikan perang.

“Nanti akan kita sampaikan kepada presiden harapan harapan pak duta besar salah satunya di G20 dan tentu jalur jalur diplomasi internasional yang dimiliki Indonesia diharapkan bisa lebih mempercepat,” jelas Ketum PKB ini.(yaya)