02/05/2024 4:31
NASIONAL

Menhub Minta Prokes di Bandara Diperketat Jelang Libur Natal dan Tahun Baru


Fokus
medan.com
: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta seluruh pihak terkait pada sektor transportasi udara, melakukan pengetatan protokol kesehatan (prokes) dan melakukan pengecekan kelaikan pesawat (ramp check) di bandara-bandara yang ada. Hal ini guna memastikan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021/2022 berjalan lancar tanpa ada penyebaran Covid-19.

Saat ini, kata Menhub, pergerakan pesawat dan penumpang di Bandara Soetta, sudah mengalami peningkatan setiap harinya. Saat ini, sudah ada 700 pergerakan pesawat take off dan landing per hari dan sudah sekitar 4.000 orang penumpang kedatangan dari luar negeri.

“Pada masa libur Nataru ada kecenderungan jumlah penumpang akan naik,” kata Budi Karya Sumadi di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta, Sabtu (11/12).

Untuk itu, dia menegaskan, seluruh pemangku kepentingan di sektor penerbangan, yakni: otoritas bandara, operator bandara, maskapai, lembaga navigasi penerbangan, Bea Cukai, Imigrasi, Karantina, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kemenkes, Satgas, TNI, Polri, dan unsur terkait lainnya, mesti melakukan pengetatan prokes agar dapat berjalan dengan baik. Untuk mencegah penyebaran dan meningkatnya kasus Covid-19 usai libur Nataru.

“Pastikan mereka yang berangkat sudah dua kali vaksin, membawa hasil negatif tes antigen, menggunakan aplikasi PeduliLindungi, memakai masker, menjaga jarak, dan mengikuti ketentuan prokes yang lainnya,” jelas dia.

Dia juga mengingatkan instansi terkait, untuk mempersiapkan fasilitas karantina tambahan dalam mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang kedatangan internasional.

Selain memastikan pengetatan prokes, Menhub juga menginstruksikan kepada Ditjen Perhubungan Udara untuk melakukan ramp check pesawat secara masif di bandara-bandara.

“Kegiatan ramp check merupakan salah satu upaya untuk menegakkan keselamatan. Karena dalam transportasi, aspek keselamatan adalah yang utama,” ungkap Budi Karya.

Kehadirannya ke Bandara Seokarno-Hatta, hari ini bersama sejumlah pejabat Kemenhub juga menyempatkan diri mengontrol proses ramp check salah satu pesawat jenis Airbus A330 tujuan Bali, dan telah dinyatakan laik terbang.(yaya)