Dinkes Sumut Imbau Masyarakat Jangan Sembarang Gunakan Antibiotik


Fokus
medan.com
: Bertepatan dengan peringatan Pekan Kesadaran Antimikroba Sedunia (World Antimicrobial Awareness Week) pada tanggal 18-24 November, Dinas Kesehatan Sumut mengingatkan masyarakat agar mengkonsumsi obat terutama antibiotik sesuai dengan anjuran dokter.

Sekretaris Dinkes Sumut dr Aris Yudhariansyah menyampaikan, pemakaian antibiotik (antimikroba) memang obat untuk membunuh kuman di luar virus, bakteri yang menyebabkan penyakit.

“Tentunya penggunaan obat-obatan pembunuh kuman harus diwaspadai. Karena kalau penggunaannya tidak tepat akan dapat menyebabkan gangguan pada tubuh manusia,” sebutnya kepada wartawan, Selasa (23/11/2021).

Ia menambahkan, bila tidak sesuai dapat menyebabkan resistensi, sehingga antibiotik dan antimikroba tidak tepat lagi digunakan.

Selain itu, lanjutnya, bila membeli obat antibiotik di kedai atau sembarang tempat, karena antibiotik diberikan kepada orang sesuai anjuran dokter dan sesuai hasil pemeriksaannya serta dibeli di apotik. Begitu pula diminta apotik tidak menjual obat antibiotik tanpa resep dokter.

“Ada sanksinya dan Dinas Kesehatan Sumut serta Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota secara berkala melakukan pengawasan,” tandasnya.(riz)