Tingkat Hasil Produksi, Petani Muda Harus Paham Mengelola Padi Dengan Baik

Kelompok petani muda diajarkan mengelola tanaman padi yang baik. Ist

Fokusmedan.com : Kelompok petani muda yang tergabung dalam Go You Lead binaan Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI), diajarkan tata cara merawat dan mengelola tanaman padi yang baik. Ini dilakukan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian di Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu, Deli Serdang.

Koordinator program kegiatan, Kartika Ayu Br Ginting mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan-kegiatan sebelumnya. Di mana, para pemuda pemudi tersebut diajarkan cara menama padi yang baik. Sebab, padi ini pilot project dari Go You Lead.

“Jadi, selama 3 bulan ke depan mereka harus belajar bagaimana merawat padi, mengelola pupuknya. Seperti hari ini memang jadwal mupuk, dan mereka belajar tentang apa saja pupuk yang digunakan, bagaimana mencampurkan pupuk, ada materi dari Corteva juga tentang herbisida. Jadi, ada teorinya ada prakteknya,” katanya, Sabtu (20/11/2021).

Kartika juga menuturkan, selain belajar mengenai pertanian peserta juga diajarkan mengenai manajemen kelompok dan kepemimpinan.

“Mereka belajar tentang tanaman, tetapi juga tentang kepemimpinan, kemarin kita ada beri materi komunikasi kelompok. Pertemuan berikutnya mungkin public speaking untuk melatih rasa percaya diri mereka. Jadi harapannya mereka dilatih tentang pertanian tetapi juga karakter dan manajemen kelompok,” terangnya.

Sementara itu, Mara Halim Pulungan selaku marketing Corteva mengapresiasi semangat para pemuda yang ada di Kecamatan Pantai Labu ini.

“Kegiatan ini sangat bagus, sudah seharusnya kita mendorong para muda-muda ini dalam pertanian. Sekarang sedang hits petani millenial, maka sudah seharusnya kita mendukung petani-petani millenial ini untuk kemajuan desa mereka,” ucapnya.

Salah seorang peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut, Muhammad Hafiz Fahreza mengungkapkan rasa senang karena mendapat pengalaman baru dalam bidang pertanian.

“Suatu kehormatan bisa ikut bergabung menjadi peserta Go You Lead ini, saya mendapat pengalaman baru, ilmu baru, dan teman baru pastinya. Saya jadi tahu tentang merawat padi, kemarin belajar leadership, hari macem-macem pupuk dan pestisida. Banyaklah,” katanya.

Program ini merupakan salah satu peran YAFSI turut serta mewujudkan Generasi Muda Pertanian yang berkarakter dan berdaya saing dengan dukungan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Corteva Agriscience Manufacturing Indonesia tahun 2021.(ng)