Manfaat dan Kandungan Beras Merah untuk Kesehatan

Beras merah. Ist

Fokusmedan.com : Beras merah termasuk salah satu jenis beras diet yang banyak direkomendasikan sebagai pengganti nasi putih.

Ada banyak manfaat beras merah untuk diet. Beras ini dinilai lebih kaya nutrisi dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara langsung.

Disebut beras merah dikarenakan mengandung antosianin berupa pigmen berwarna merah alami. Selain itu, prosesnya berbeda dari beras putih karena kulit ari beras ini tidak dikelupas.

Dibanding dengan nasi putih, nasi merah memiliki lebih banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut rinciannya dilansir dari laman U.S. Department of Agriculture.

– 356 kalori per 100 gram
– 8 gram protein
– 75 gram karbohidrat
– 11,1 gram serat
– 0 gula
– 0 kalsium
– 0 kolesterol
– 1,11 milligram zat besi
– 156 milligram potassium
– 67 milligram sodium

Manfaat Beras Merah untuk Diet

Selain bernutrisi, di bawah ini terdapat rangkaian manfaat beras merah untuk diet yang sekaligus bisa menjaga kesehatan tubuh, merujuk Healthshots.

1. Menurunkan berat badan
Beras merah yang sudah dimasak menjadi nasi hanya memuat 45 gram karbohidrat dan serat di dalamnya. Hal ini dapat memberi efek kenyang lebih lama.

Tingginya kandungan serat bermanfaat membasmi endapan lemak dalam usus besar, sekaligus melancarkan pencernaan.

2. Indeks glikemik rendah
Indeks glikemik (GI) beras merah cenderung rendah sekitar 55. Artinya, konsumsi nasi merah tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah.

Khususnya bagi Anda yang sedang menjalani diet untuk penderita diabetes, konsumsi beras merah bisa menjadi alternatif sumber karbohidrat yang lebih aman.

3. Menjaga kesehatan jantung
Beras merah termasuk jenis whole grain atau biji-bijian utuh tanpa proses penggilingan, sehingga nutrisinya tetap utuh dan memiliki banyak khasiat.

Selain itu, kandungan senyawa lignan pada beras merah berfungsi untuk membantu menurunkan kadar gula darah serta kolesterol jahat penyebab penyakit kardiovaskular.

Manfaat beras merah untuk diet memang cukup menarik, terlebih bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Tapi, Anda tetap harus menambah asupan diet dengan mengonsumsi makanan bernutrisi lain yang tidak ada dalam beras merah serta imbangi dengan berolahraga demi mendapatkan hasil maksimal.(ng)