20/04/2024 18:00
EKONOMI & BISNIS

Ekspor Karet Sumut ke AS Meningkat Tajam

Pengapalan karet Sumut pada Oktober ke Amerika Serika meningkat tajam. Ist

Fokusmedan.com : Posisi pertama tujuan ekspor karet Sumatera Utara (Sumut) selama ini adalah Jepang. Namun, pengapalan bulan Oktober ke Amerika Serika (AS) meningkat tajam sehingga menggeser posisi Jepang ke urutan nomor dua.

Sekretaris eksekutif Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) Sumut, Edy Irwansyah mengatakan, volume ekspor karet Sumatera Utara Oktober sebanyak 31.568 ton atau naik 3.725 ton (13,4%) dibandingkan bulan lalu. Kinerja ekspor ini berangsur membaik, dimana delay shipment dari pihak buyer semakin berkurang.

“Delay shipment karena kelangkaan palet-metalbox memang masih berlanjut tetapi trendnya sudah menurun,” katanya, Jumat (12/11/2021).

Namun, secara kumulatif Januari-Oktober 2021 masih menurun 10.633 ton (3,4%) dibandingkan dengan pada periode yang sama tahun 2020.

Edy merinci, lima besar negara tujuan ekspor karet Sumatera Utara posisi Oktober adalah USA (23,9%), Jepang (14,2%), Turki (11,3%), Kanada(6,9%), dan Brazil (6,6%).

“Pengapalan pada Oktober diwarnai peningkatan volume eskpor ke AS. Peningkatan ini sejalan dengan beberapa indikator perbaikan di AS, diantaranya penciptaan lapangan kerja pada Oktober meningkat, disahkannnya RUU infrastruktur senilai US$ 1 triliun menjadi agin segar bagi gairah insutri,” terangnya.

Edy menambahkan, volume ekspor yang akan datang diperkirakan masih tertatahan karena kondisi ketersediaan bahan baku. Apa lagi saat ini sentra karet di bagian Utara equator sedang musim hujan.(ng)