BNPB Prioritaskan Evakuasi Kelompok Rentan dan Korban Gempa Bali

Fokusmedan.com : Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Ganip Warsito meninjau langsung wilayah terdampak gempa Bali di wilayah di Desa Ban, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem. Diketahui, lokasi ini adalah titik terparah dari guncangan sekuat 4.8 SR yang terjadi pada Sabtu kemarin (16/10).

“Prioritas tanggap darurat sesuai arahan Wakil Presiden yaitu pencarian dan penyelamatan korban. Upaya ini dipimpin oleh Basarnas dengan dukungan TNI, Polri, BPBD, serta relawan,” tegasnya saat memberi instruksi di lokasi, Minggu (17/10).

Dia memastikan penanganan gempa berjalan baik di semua titik, mulai di Karangasem, Bangli dan wilayah terdampak lain. Selian itu, Ganip juga ingin memberikan bantuan langsung kepada para korban terdampak.

“Tercatat bantuan di wilayah Karangasem antara lain 20 tenda keluarga, 60 paket makanan siap saji, 443 paket lauk pauk, dan 153 paket makanan tambahan gizi. Bantuan dengan jenis dan jumlah serupa juga diberikan untuk korban di wilayah Bangli,” ujarnya.

Ganip berjanji akan terus memastikan dan memantau jumlah korban, baik yang meninggal maupun yang luka-luka, serta jumlah kerusakan mulai dari rumah, sekolah, dan fasilitas umum. Selain itu, penanganan prioritas terhadap kelompok rentan juga menjadi perhatian seperti lansia, ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan balita, serta kelompok disabilitas.

“Untuk penanganan pengungsi dan korban gempa, harus dipastikan ketersediaan logistik, tenda,, makanan, terutama makanan untuk bayi, ibu hamil dan lansia. Juga obat-obatan, pasokan air dan MCK,” tutupnya.(yaya)