24/05/2024 23:16
SUMUT

Sumut Kini Berada di Level II Covid-19

Fokusmedan.com : Menurunnya kasus aktif Covid-19 di Sumut pertanggal 15 September 2021 mencatatkan Provinsi Sumut masuk dalam kategori level II dslam skala nasional.

“Secara umum Sumut sekarang sudah turun ke Level II. Sumut sendiri berada di level ini bersama 22 Provinsi lainnya,” sebut Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah kepada wartawan, Selasa (21/9/2021).

Untuk Kabupaten/Kota di Sumut, lanjutnya, tidak ada lagi wilayah yang statusnya di Level IV. Sedangkan untuk level I, hanya Kabupaten Deliserdang.

Untuk level II, terdapat 21 Kabupaten/Kota yakni, Toba, Taput, Tapsel, Tapteng, Simalungun, Samosir, Pakpak Bharat, Nias, Nias Utara, Nias Selatan, Nias Barat, Madina, Labusel, Labuhanbatu, Sibolga, Padangsidimpuan, Gunung Sitoli, Karo, Humbahas, Dairi dan Asahan.

Sedangkan untuk level III terdapat 11 wilayah, masing-masing adalah Sergai, Paluta, Padang Lawas, Langkat, Labura, Tebingtinggi, Tanjungbalai, Pematangsiantar, Medan, Binjai dan Batubara.

“Sementara untuk skala nasional, daerah yang menjadi level I hanya Provinsi Jawa Timur. Sementara untuk level III terdapat 10 Provinsi sedangkan Level IV nihil,” jelasnya.

“Kendari begitu, masyarakat tetap kita imbau agar terus disiplin menjalankan protokol kesehatan, agar Sumut benar-benar menang melawan Covid-19,” tandasnya.(riz)