28/05/2024 13:52
NASIONAL

Black Box Pesawat Rimbun Air Ditemukan, 3 Jenazah Dievakuasi

Black box pesawat Rimbun Air ditemukan. Ist

Fokusmedan.com : Tim SAR berhasil menemukan black box pesawat Rimbun Air yang jatuh di atas Gunung Wabu, Intan Jaya, Papua. Black box tersebut telah dievakuasi beserta 3 jenazah kru pesawat.

“Black Box pesawat juga sudah ditemukan,” kata Kepala Kantor SAR Timika George L M Randang, dikutip detikcom, Kamis (16/9/2021).

George mengatakan black box dan 3 jenazah kru pesawat perintis dengan nomor register PK-OTW itu ditemukan semalam. Saat ini ketiga jenazah juga tengah dipulangkan ke rumah duka.

Pihak kepolisian beserta TNI dan tim SAR berhasil mengevakuasi 3 jenazah kru pesawat Rimbun Air sekitar pukul 23.30 WIT. Ketiga jenazah kru pesawat maskapai Rimbun Air itu dibawa Sugapa.

“Proses evakuasi 3 jenazah sudah sampai di Sugapa,” kata Kapolres Intan Jaya AKBP Sandi Sultan kepada wartawan, Rabu (15/9).

Sandi mengatakan ketiga jenazah, yakni pilot HA Mirza, kopilot Fajar, dan mekanik Iswahyudi, sudah diterima pihak maskapai. Ketiganya akan diberangkatkan ke kediaman masing-masing.

“Jenazah dari Timika diterima pihak maskapai kemudian diberangkatkan ke kediaman masing-masing,” ucap Sandi.

“Jenazah pilot rencana ke Kampung Salah Benda dekat Lanud Atang Sendjaja, Bogor, jenazah ko pilot ke Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi, mekanik ke Jalan Mulawarman Balikpapan, Kaltim,” ujarnya.

Sandi menjelaskan bahwa jenazah pilot dan co-pilot ditemukan masih duduk di kursi yang ditempatinya ketika menerbangkan pesawat itu.

Sementara, salah seorang teknisi pesawat yang turut ikut dalam penerbangan itu disebutkan Sandi ditemukan beberapa meter di sekitar pesawat.

“Satu (pilot) duduk di pesawat yang masuk ke dalam tanah depan pesawatnya. Pilot sama co-Pilot,” kata Sandi.

Pesawat Rimbun Air PK-OTW terbang dari Nabire tujuan Sugapa, Kabupaten Intan Jaya. Pesawat mengangkut bahan bangunan dan bahan makanan milik Yonif 521/DY yang bertugas di Kabupaten Intan Jaya.

Pesawat Rimbun Air PK-OTW dinyatakan hilang kontak sekitar pukul 07.30 WIT kemarin.(ng)