Khofifah Instruksikan Tiga Layanan Dasar Prioritas Perbaikan Akibat Gempa

Fokusmedan.com : Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meminta tiga layanan dasar menjadi prioritas pembenahan pasca gempa di Malang, Jawa Timur. Salah satunya rumah ibadah. Sebab, dalam hitungan hari sudah memasuki bulan Ramadan. Sehingga tempat ibadah harus diprioritaskan untuk kebutuhan masyarakat.

“Karena besok itu insyaallah memasuki bulan Ramadan, maka yang saya pesankan antara lain fasilitas ibadah apakah itu musala atau masjid. Kalau rusak-rusak ringan bisa langsung segera dilakukan perbaikan,” kata Khofifah usai meninjau kerusakan akibat gempa di MAN 2 Turen, Kabupaten Malang, Minggu (11/4).

Secara bergotong-royong dengan bantuan TNI dan Polri, perbaikan dapat segera dilakukan. Gubernur telah berkoordinasi dengan sejumlah Forkopimda untuk bisa ikut terlibat penanganan dampak gempa.

“Tapi kalau rusaknya kategori sedang sampai berat tentu harus dilihat konstruksinya. Lainnya adalah sarana Pendidikan dan Kesehatan. Tiga layanan dasar harus diprioritaskan,” ungkapnya.

Khofifah mengingatkan, ada alokasi anggaran BTT (Belanja Tidak Terduga) yang bisa digunakan untuk perbaikan pascagempa.

“Kita akan sinkronkan apa yang akan disupport Pemkot, apa yang disediakan kabupaten. Ada juga Kasatgas bencana dari BUMN, Dirut Petro. Kita berbagi tugas, anti ada Kepala BNPB bagaimana kita mencari solusi secepatnya,” ungkapnya.

Khofifah didampingi Bupati Malang Sanusi meninjau kerusakan di MAN 1 Turen yang mengalami kerusakan akibat gempa. Delapan kelas dan dua laboratorium mengalami kerusakan. Atap kelas 2 ruangan runtuh, selain sejumlah perabot mengalami kerusakan.(yaya)