23/07/2024 2:51
NASIONAL

Ekonomi Membaik, Alasan Pemerintah Pangkas Diskon Tarif Listrik Jadi Hanya 50 Persen

Fokusmedan.com : Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang diskon tarif listrik bagi pelanggan rumah tangga, bisnis kecil dan industri baik daya 450 VA maupun 900 VA. Namun demikian, diskon tarif yang diberikan di triwulan II-2021 ini mengalami pemangkasan sebesar 50 persen.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan, pemangkasan ini dilakukan melihat ekonomi Indonesia yang mulai membaik.

“Untuk triwulan II dengan membaiknya perekonomian nasional, diputuskan pemberian diskon tarif golongan rumah tangga, industri dan bisnis kecil akan diberikan sebesar 50 persen, tidak lagi 100 persen,” ujar Rida dalam konferensi pers Ditjen Ketenagalistrikan, Selasa (9/3).

Kata Rida, hal tersebut tercermin dari beberapa contoh seperti subsidi listrik bagi industri. Biaya subsidi yang ditutupi negara sudah semakin sedikit karena industri secara perlahan mulai menunjukkan kebangkitan.

Meski nilainya dipangkas, para pelanggan tetap mendapatkan subsidi yang memang sudah diberikan sejak awal oleh pemerintah sebelum pandemi Covid-19 datang.

“Selain stimulus, mereka juga tetap menerima subsidi. Subsidi kan sudah jalan lama sebelum adanya Covid-19, setelah adanya Covid-19 diberikan stimulus, sebagai stimulan,” kata Rida.(yaya)