Setahun Jokowi-Ma’ruf, Ketua MPR Minta Pemerintahan Tetap Fokus Hadapi Pandemi

fokusmedan : Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin tetap fokus serta terus adaptif dan inovatif dalam dalam menghadapi masa pandemi covid-19 saat ini.

Hal itu disampaikan Bambang menanggapi setahun berjalannya pemerintahan Jokowi-Ma’ruf yang berlangsung pada 20 Oktober.

“Untuk itu kami minta seluruh jajaran kementerian dan lembaga agar dapat meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi antar lembaga,” kata Bambang dalam keterangan tertulis, Senin (19/10/2020).

“Khususnya kepada Kementerian Sosial (Kemensos), sebagai tulang punggung pemberian bantuan sosial (Bansos), agar pemanfaatan program pemerintah melalui jaring sosial dapat terus dioptimalkan,” lanjut dia.

Ia pun meminta pemerintah untuk terus berupaya dalam mengedepankan kesehatan masyarakat dan menyelamatkan perekonomian nasional.

Keduanya perlu dilakukan dengan berbagai cara dan strategi yang fleksibel, cepat, dan tepat, serta mengoptimalkan pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Ia pun mengatakan, seiring dengan upaya menangani pandemi covid-19, pemerintah juga tetap dapat meningkatkan pembangunan SDM, infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi melalui reformasi birokrasi, dan transformasi ekonomi.

“Kelima hal tersebut merupakan lima program prioritas Jokowi-Ma’ruf di masa lima tahun kepemimpinan mereka,” lanjut politisi Partai Golkar itu.(yaya)