22/02/2024 21:54
EKONOMI & BISNIS

Trump Tunda Stimulus : IHSG Turun, Rupiah Menguat

fokusmedan : Kabar kurang baik kembali berhembus di pasar keuangan. Presiden AS Donald Trump menyatakan bahwa rencana untuk menggelontorkan stimulus sebaiknya ditunda hingga pemilihan Presiden pada 3 November mendatang.

Pernyataan tersebut membuat kinerja indeks saham di AS mengalami tekanan dan ditutup anjlok 375 poin.

Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin mengatakan, AS yang selama ini diharapkan menjadi lokomotif penggerak ekonomi global beserta China belum mampu menunjukan adanya tarikan yang signifikan untuk menggerakkan ekonomi global. Hanya China yang masih mampu untuk tetap tumbuh sekalipun dampaknya bagi pertumbuhan ekonomi global dirasa masih dari kata cukup.

Sentimen negatif tersebut sangat potensial menekan kinerja indeks bursa di Asia. Sejumlah bursa di Asia bergerak negatif yang dimotori oleh Nikkei Jepang dan Shanghai China.

IHSG juga bernasib sama, dibuka turun di level 4.973,17. Berbeda dengan IHSG, mata uang rupiah dibuka menguat di level 14.710 per US Dolar.

“Sentimen domestik yang menjadi penggerak pasar pada perdagangan hari ini adalah aksi demonstrasi yang dijadwalkan akan kembali berlangsung. Meskipun pada perdagangan sebelumnya, aksi demonstrasi tidak memberikan dampak yang buruk bagi pasar,” katanya, Rabu (7/10/2020).

Akan tetapi, lanjut dia, sentimen eksternal yang berkembang saat ini justru bisa menggiring keduanya masuk di zona merah.(ng)