10 Warga Temanggung Positif Covid-19 Usai Piknik dari Tempat Wisata Air

Ilustrasi tempat wisata air. Ist

fokusmedan : Kasus Covid-19 di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, meningkat lagi. Kasus terbaru muncul dari klaster piknik yang ditemukan di Kecamatan Parakan.

“Ada klaster baru yang muncul di wilayah Temanggung, yakni klaster piknik. Masih dari Kecamatan Parakan,” kata Bupati Temanggung, M. Al Khadziq melansir Kompas.com, Selasa (6/10/2020).

Khadziq menjelaskan, kasus ini diketahui setelah ada seorang warga Parakan, Kauman sakit lalu meninggal dunia. Setelah dites usap (swab test) orang tersebut dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Hasil tracing petugas diketahui bahwa orang tersebut baru pulang berwisata ke sebuah obyek wisata air di Kabupaten Banjarnegara bersama rombongan.

Petugas pun langsung menggelar tes usap terhadap rombongan, dan hasilnya 9 orang di antaranya juga positif Covid-19.

“Rombongan yang ikut piknik tersebut menjalani tes swab. Hasilnya ada sembilan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19,” sebut Khadziq.

Dengan demikian, ada dua klaster di Kecamatan Parakan yang sedang ditangani petugas yakni klaster piknik dan klaster kondangan. Seluruh pasien 2 klaster ini sudah dikarantina.

Selain di Kecamatan Parakan, kasus Covid-19 yang menonjol juga ditemukan di Walitelon (4 kasus), Kaloran dan Kandangan. Ada juga di sebuah pesantren di wilayah ini.

Guna membendung penyebaran virus ini, pihaknya kembali melakukan pengetatan kegiatan masyarakat dan gencar kampanye protokol kesehatan Covid-19.

“Untuk pasien yang positif kami minta karantina di tempat yang disediakan, kalau tidak mau diminta untuk menandatangani surat pernyataan dan harus ada kesanggupan pihak desa dan satgas Jogo Tonggo setempat untuk menjaga pasien agar tidak keluar rumah,” tegas Khadziq.

Data terakhir yang diambil dari infografis Covid-19 Kabupaten Temanggung, konfirmasi positif total ada 474 kasus, meliputi konfirmasi saat ini 86 kasus (isolasi mandiri 75, dirawat di RS 11), sembuh 365 dan meninggal dunia 23.(ng)