Tingkatkan Literasi Keuangan, Pelajar di Tanjungbalai Dapat Rekening Simpanan

fokusmedan : Dalam rangka mendorong peningkatan literasi keuangan dan inklusi keuangan khususnya di kalangan pelajar dan sebagai bentuk partisipasi dalam kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Tahun 2020, Pemerintah Kota Tanjungbalai, Kantor OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara, dan PT Bank Sumut menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Gerakan Ayo Menabung.

Kegiatan disertai dengan launching Pembukaan Rekening Simpanan Pelajar kepada 55 orang pelajar berprestasi di Kota Tanjungbalai. Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) dalam wadah TPAKD se-Sumatera Utara tahun 2020.

Deputi Direktur OJK Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara, Andi M Yusuf mengatakan, kolaborasi Pemerintah Kota Tanjungbalai dengan perbankan dan OJK melalui sosialisasi, edukasi dan business matching ini bertujuan untuk mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan khususnya di kalangan peserta didik di Kota Tanjungbalai. Diharapkan dapat diperluas pelaksanaannya di seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara.

“Kegiatan ini diharapkan dapat direalisasikan pula oleh Pemerintah Daerah lainnya baik di Sumatera Utara maupun daerah lainnya di Indonesia, untuk bagaimana bersama-sama mendorong terwujudnya program nasional Satu Rekening Satu Pelajar, yang ditargetkan dapat terwujud 100 persen di tahun 2022,” katanya melalui siaran pers, Jumat (2/10/2020).

Untuk cakupan provinsi Sumatera Utara sendiri berdasarkan hasil pemetaan rutin, lanjutnya, OJK mencatatkan capaian di mana dari 2.986.166 total pelajar di Sumatera Utara (data Kemendikbud 2019/2020), sudah 86,18% diantaranya atau sekitar 2.573.477 pelajar yang telah memiliki rekening per Mei 2020 ini. Dan ini akan terus ditingkatkan melalui program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) seperti pada hari ini.

Sekretaris Daerah Kota Tanjung Balai, Yusmada, SH, M.AP menyampaikan apresiasi atas sinergi kegiatan melalui TPAKD sebagai upaya meningkatkan semangat kepada pelajar untuk gemar menabung sejak dini.

“Kegiatan ini juga bentuk partisipasi kami dalam TPAKD Kota Tanjungbalai untuk memeriahkan penyelenggaraan program nasional Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun 2020. Besar harapan kami kedepannya dapat direalisasikan program-program bersama lainnya dalam rangka upaya meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat terlebih di masa pandemi COVID-19,” ujarnya.(ng)