IHSG dan Rupiah Bergerak Mixed dengan Kecenderungan Turun

fokusmedan : Kinerja pasar keuangan pada perdagangan hari ini bergerak stabil dengan kecenderungan mengalami pelemahan. Rupiah pada perdagangan pagi ini dibuka melemah tipis di level 14.845 per US Dolar.

Sementara untuk kinerja IHSG, dibuka melemah tipis di level 4.969,24. Meskipun sesaat sempat turun dikisaran level 4.941,21.

Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin mengatakan, pasar keuangan pada hari ini memang tidak akan banyak diuntungkan oleh minimnya data keuangan yang dirilis. Terlebih kemarin ada kenaikan pada kinerja IHSG maupun Rupiah yang menguat cukup signifikan sehingga IHSG akan lebih bergerak landau pada hari ini.

Yang paling membuat IHSG sulit untuk mengalami kenaikan adalah level psikologis 5.000, yang sulit untuk ditembus. Pelaku pasar selalu akan berkonsolidasi terlebih dahulu manakala akan bergerak melewati level psikologis tertentu.

“Dan kinerja IHSG di akhir pekan ini diyakini tidak akan beranjak jauh dari level penutupan sebelumnya. Selama tidak ada kabar yang mampu mengejutkan selama sesi perdagangan,” katanya, Jumat (2/10/2020).

Sementara itu, Rupiah juga sama. Walaupun tidak sekaku IHSG, Rupiah kerap bisa menembus level psikologis dalam waktu singkat. Namun, Rupiah pada akhir pekan ini sepertinya juga akan bernasib sama yakni tidak akan beranjak jauh dari level penutupan sebelumnya.(ng)